UNTAG Surabaya Gelar International Community Services di Pedalaman Manila

seputartuban.com, MANILA – Untag Surabaya melakukan kegiatan pengabdian masyarakat (International Community Service bekerjasama dengan Adamson University Manila, Philippines, 11 dan 13 Mei 2023.

Kegiatan berupa pemberian pendampingan dan memberikan pelatihan terhadap usaha kecil mikro di Barangay San Isidro, Pondriquez Rizal, Philippines. Sekitar 100 KM dari kota Manila, dengan waktu tempuah kurang lebih 2 jam. Dengan fasilitasi kendaraan dari Adamson University Manila.

Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan pendampingan dan pelatihan tentang pengelola usaha, memasarkan produk/jasa dan mengelola keuangan kepada 34 Usaha mikro dan kecil. Mereka dari diberbagai bisnis. Diantaranya makanan, sayuran, buah-buahan dan produksi makanan rumahan. Kegiatan ini melibatkan 2 dosen dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dan 8 (delapan) dosen dari Adamson University Manila Philippines.

TENGAH – Dr. Siti Mujanah, MBA. Ph.D. dan Dr. Sumiati, Dosen Untag Surabaya bersama dosen dari Adamson University Manila, Philippines saat di lokasi kegatian, Barangay San Isidro, Pondriquez Rizal, Philippines.

Dr. Siti Mujanah, MBA. Ph.D. dari Untag Surabaya sebagai salah satu narasumber menyampaikan berhasilnya UMKM tidak lepas dari manajemenya. Mulai dari Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling. Selain itu, juga melaksanakan strategi pemasaran yang tepat.

Sedangkan Dr. Sumiati dari Untag Surabaya juga menjelaskan bahwa dalam berbisnis penggunaan strategi pemasaran dengan 4P (Product, Price, Places dan Promotion) juga sangat diperlukan. Yaitu membuat/menyediakan produk yang berkualitas dan menarik pembeli dengan kemasan juga yang menarik, Place, yaitu tempat usaha yang mudah dijangkau dan strategis. Price, merupakan harga yang bersaing memberikan discount untuk customer yang melakukan pembelian banyak, Promotion, dilakukan dengan simple dan mudah yang penting orang bisa mengenal produk dan menarik pembeli.

Pelatihan tentang keuangan (Pengelola uang dan pembukuan keuangan), strategi berwirausaha dan pengembangan kepribadian juga di sampaikan oleh beberapa dosen dari Adamson University Manila Philipppines yaitu Dr. Ruben M. Nayve, Jr. Dr. Mark Anthony, Dr. Emily Baluyot, Dr. Andrea Aurora Villa Plor, Dr. Noel M. Teves dan Dr. Crisia Antolino. RLS/Nal

Print Friendly, PDF & Email