oleh

Tuban Berlakukan PSBB Adalah Hoaks

seputartuban.com, TUBAN – Kabar yang beredar bahwa Kabupaten Tuban memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) adalah berita hoaks atau berita tidak benar/bohong. Meski demikian masyarakat tetap dihimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati menegaskan bahwa Kabupaten Tuban tidak mengeluarkan PSBB. Namun dia menegaskan ada penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mulai 11-25 Januari 2021. Namun Kabupaten Tuban tidak masuk diantara 11 kabupaten/kota se-jatim tersebut.

“Tidak ada PSBB di Kabupaten Tuban, bahkan Se Indonesia. Yang diberlakukan hanya PPKM. Saat ini Tuban berstatus zona oranye,” tegasnya, Senin (11/1/2021).

Endah menambahkan, sesuai Keputusan Gubernur Jawa Timur, nomor 188/7/KPTS/013/2021 tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Untuk Pengendalian Virus Corona Virus Disease 2019, tertanggal 9 Januari 2021. Daerah yang diberlakukan PPKM yaitu Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik, Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu, Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Blitar.

“Meski demikian Dinas Kesehatan Tuban, bersama Satgas dan stakeholder terus melakukan upaya-upaya pencegahan dan penanggulangan pandemi di Bumi Wali,” tegasnya.

Sehingga masyarakat Tuban yang menerima informasi bahwa tuban memberlakukan PSBB dari media sosial agar tidak dipercaya. Selain itu juga tidak mudah percaya atas informasi yang diterima berupa foto, video maupun tulisan. Harus lebih selektif dan dicek kebenarannya. Agar tidak menimbulkan keresahan bagi masyarakat. “Bila tidak dari sumber resmi maka tidak bisa diyakini kebenarannya,” pungkasnya. RHOFIK SUSYANTO

Terbaru