Published On: Jum, Nov 8th, 2019

Trotoar Baru Dibangun, Dibongkar Lagi Dibikin Jalur Tunanetra

seputartuban.com,TUBAN – Proyek pemeliharaan trotoar kawasan jalan Basuki Rahmat baru selesai dikerjakan belum lama ini. Kini dibongkar lagi karena akan dibangun Guiding Blok atau jalur khusus untuk jalur pejalan kaki disabilitas/tuna netra.

BONGKAR PASANG : Pekerjaan pembuatan jalur disabilitas di trotoar kawasan jalan Basuki Rahmat sedang dikerjakan

Kabid Air Minum dan Sanitasi, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP), Juli Wibowo, saat dikonfirmasi kemarin menjelaskan pada tahun 2018 dikerjakan jalan Basuki Rahmat sisi barat dan timur. Sedangkan sisi tengah sudah dikerjakan pada 2016 dan 2017. “Trotoar itu belum ada alur tunanetra dan menhulnya juga kita ganti dan itu pakai beton, karena yang sudah ada rusak agar menyamankan pengontrolan dan pembersihan,” katanya.

Pasalnya, pembongkaran trotoar yang dilakukan sisi kanan kiri jalan Basuki Rahmat, sampai perempatan Stasiun dan kurang lebih mencapai 1 kilo meter. Nantinya akan dipasang Guiding Block. “Sekarang jalur untuk pejalan kaki itu harus ramah dengan disabilitas, jadi kita buat dulu keseragaman di Basra (jalan Basuki Rahmat) untuk dibuat jalur tuna netra,” jelasnya.

Saat disinggungung mengenai alasan pembongkaran yang sedang dikerjakan yang terkesan tidak terencana karena membongkar bangunan yang belum lama dia punya alasannya. Yakni secara tenis tim dinas mengajukan ke Badan Perencanaan Daerah kemudian diusulkan ke tim anggaran. “Kita ya nurut saja, kalau keinginan kita pengennya satu kegiatan selesai dalam satu periode sehingga tahun berikutnya kita memikirkan kegiatan yang lain kita hanya sekedar mengajukan,” jelasnya.

Diketahui, anggaran pemasangan Guiding Block dianggarkan anggarkan dengan pagu Rp. 961,550,000 melalui rekening Anggaran pendapatan Belanja Daerah 2019. Dengan pelaksanaan kontrak September – Desember 2019. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos