oleh

Sukses Pengelolaan Agroforestry KPH Parengan Jadi Percontohan

seputartuban.com, TUBAN – Administratur (Adm) Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Parengan mendapat kesempatan membagi pengalaman kerja di sejumlah KPH lain jajaran Perhutani Divre Jatim. Karena kesuksesannya dalam mengelola pendapatan perusahaan dari program agroforestry.

Agroforestri adalah pemanfaatan lahan secara optimal dan lestari. Dengan cara mengkom- binasikan kegiatan kehutanan dan pertanian pada unit pengelolaan lahan yang sama dengan memperhatikan kondisi lingkungan fisik, sosial, ekonomi dan budaya masyarakat yang berperan serta. Sehingga perusahaan dan negara bersama masyarakat mengambil manfaat dari kawasan hutan.

Adm Perhutani KPH Parengan, Slamet Juwanto menjadi narasumber Bersama Kepala Departemen SDH Divre Jatin keliling KPH rayon 5 Divre Jawa Timur. Untuk menyampaikan materi pengelolaan dan pengawalan agroforestry yang telah sukses dilakukan KPH Parengan.

KPH Bojonegoro, KPH Madiun, KPH Kediri, KPH Pasuruan dan KPH Jember menjadi sasaran program sosiliasi dan sukses story KPH Parengan ini. Para Adm diwajibkan mengikutsertakan Wakil Adm, Kepala Seksi dan Ekowisata, KSS Ekowisata dan Agroforestry.

“Materinya menyampaikan kesuksesan KPH Parengan. Serta upaya strategi nyata dalam meningkatkan performance kinerja. Secara administrasi maupun lapangan,” ungkap Slamet Juwanto.

KPH Parengan selain memenuhi target pendapatan, juga pengelolaan administrasi dan lapangan yang jadi percontohan juga melakukan penguatan eksternal. Yakni dengan melakukan penguatan Kerjasama teknis dengan Kejaksaan Negeri Tuban dan Polres Tuban.

Salah satunya dengan melakukan supervisi pengelolaan program agroforestry. Hal ini mendapat tanggapan baik. Khususnya Kepala Kejaksaan Negeri Tuban akan memberikan perhatian khusus agar dapat memberikan saran secara maksimal. Bahkan akan dikonsultasikan ke Kejaksaan Tinggi Jatim. “Ya agar kerja kami aman dan nyaman, sehingga dapat maksimal hasilnya,” ungkap Slamet Juwanto. NAL

Print Friendly, PDF & Email