oleh

PT Semen Indonesia Salurkan CSR Rp. 7 Miliar Kepada Masyarakat Sekitar

seputartuban.com, MERAKURAK – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk pabrik Tuban, melakukan penyerahan 10 program pemberdayaan masyarakat  Corporate Social Responsibility( CSR) Tahun 2020. Melalui Forum Komunikasi Masyarakat (FMK ) Tunas Bangsa. Di Balai Desa Kapu, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Rabu (20/1/2021).

Sebagai wujud tanggungjawab sosial perusahaan dalam kepada lingkungan masyarakat sekitar. Serta upaya serius untuk menjalin hubungan semakin baik dan berkelanjutan antara perusahaan dan masyarakat.

Community Development Officer PT Semen Indonesia, Siswanto, mengatakan bahwa agenda serah terima program CSR merupakan situasi yang baik. Yakni untuk bersama sama memulihkan perekonomian masyarakat masa pandemi Covid-19 ini. Karena berdampak pada perekonomian masyarakat. “CSR ini merupakan momentum yang baik untuk bersama-sama memulihkan perekonomian masyarakat di masa pandemic,” katanya.

Siswanto menjelaskan, Program CSR 2020 yang diserahterimakan pada masyarakat sebanyak 26 desa dan 3 kecamatan senilai Rp. 7,1 Miliar. Proporsi program tersebut terdiri dari program bertema pemberdayaan masyarakat sebesar 80%. Tema peningkatan infrastruktur pendidikan dan RTLH sebesar 11%. Berikutnya pada tema peningkatan kapasitas sebesar 6% dan 4% tema karitatif.

“Program ini dikelola secara akuntabel dan partisipatif bersama kelompok penerima manfaat. Tujuannya agar meningkatkan perekonomian dan pendapatan masyarakat sekitar perusahaan secara merata dan tepat sasaran,” jelasnya.

Usai melakukan penyerahan CSR secara simbolis di Kantor Balai Desa Kapu, Tim Penyaluran CSR  melakukan monitoring di beberapa  Organisasi Masyarakat Setempat ( OMS). Dengan didampaingi Ketua FMK Tunas Bangsa.

Salah satu Ketua OMS Rumah Jahit, Sri Puji Lestari, di Dusun Boro Rejo, Desa Kapu, Kecamatan Merakurak, mengungkapkan dengan adanya bantuan CSR sangat membantu ibu rumah tangga itu. Karena dapat dikerjakan disela- sela kesibukan pekerjaan rumah. “Ya Alhamdulilah, untuk hasilnya lumayan. Untuk tambahan jajan anak-anak dan untuk mengisi waktu luang,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Forum Komunikasi Masyarakat Desa Kapu, Dasiran menambahkan dengan adanya program CSR ini dapat dimanfaatkan masyarakat dengan maksimal. Karena CSR ini adalah bertujuan untuk pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat. “Memang sampai saat ini, dalam pengelolaan CSR ini ada yang berhasil dan ada juga yang belum berhasil. Akan tetapi kami terus memberikan dukungan semangat,” pungkasnya. RHOFIK SUSYANTO

Terbaru