oleh

Pilkada Serentak, Forkopimda Jatim Sepakat Cegah Kluster Baru

seputartuban.com, SURABAYA – Pemantapan sinergitas dilakukan oleh pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Jawa Timur. Karena semakin mendekati pelaksanaan pesta demokrasi 9 Desember 2020 semakin dekat. Upaya ini untuk mencegah agar tidak terjadi klaster baru Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) pasca Pilkada.

Dalam rapat koordinasi yang dipimpin oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Senin (30/11/2020), juga dihadiri oleh Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Suharyanto, Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Alfinta. Juga hadir Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Jatim, Kepala Kejaksaan Tinggi Jatim, Pimpinan DPRD Jatim beserta bupati dan wali kota serta penyelenggara pemilu tingkat kabupaten.

Dalam sambutannya, Khofifah mengatak sinergitas dan koordinasi seperti yang digelar saat rapat tersebut akan terus dilakukan sebagai bentuk komitmen seluruh elemen di Jatim. Untuk terciptanya pesta demokrasi yang aman, kondusif serta mencegah timbulnya kluster baru Covid-19.

“Kami bersama Forkopimda dan seluruh elemen terkait, mengupayakan secara maksimal untuk mencegah terjadinya kluster baru dalam ajang Pilkada,” kata dia.

Pada pelaksanaan Pilkada mendatang, menurutnya, penerapan protocol kesehatan tetap diberlakukan disetiap tahapan lanjutan Pilkada. Hal itu, diberlakukan pada penyelenggara maupun peserta. “Aparat keamanan TNI-Polri terus berupaya maksimal agar situasi keamanan tetap kondusif,” harapnya.

Diketahui pada Pilkada 2020 ini, di Jawa Timur terdapat 19 kabupaten dan kota menggelar pesta demokrasi. Yakni Tuban, Trenggalek, Situbondo, Sumenep, Sidoarjo, Ponorogo, Pacitan, Ngawi, Malang, Lamongan, Gresik, Jember, Kediri, Mojokerto, Banyuwangi, Blitar, Pasuruan, Kota Surabaya dan Kota Blitar. RLS

Terbaru