oleh

Perhutani Cabut Laporan, Kakek Somosu Akhirnya Bebas

seputartuban.com, TUBAN – Beberapa hari terakhir sejumlah pemberitaan media dan media sosial di Kabupaten Tuban ramai membahas terkait penangkapan Somosu (69), warga Desa Waleran, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban. Namun, Selasa (4/5/2021) saat ini kakek tersebut akhirnya dibebaskan dari kasus hukumnya.

Somosu diamankan di Polres Tuban, lantaran  tertangkap tangan oleh polisi hutan, Perhutani saat mencuri kayu di petak 3E, BKPH Jadi, KPH Tuban. Sehingga dia dilaporkan aparat Kepolisian Polres Tuban.

Karena kondisi keluarga yang kurang mampu, kasus ini kemudian menyita perhatian banyak kalangan. Mulai aktivis mahasiswa, LSM, warganet hingga anggota DPR RI Komisi III, Didik Mukrianto turun gunung. Untuk membantu Somosu.

Kasat Reskrim, AKP Adhi Makayasa menjelaskan kasus ini sudah selesai. Karena Perhutani mencabut laporannya dan Kepala Desa Waleran membuat permohonan kepada Perhutani. “Dari pihak kepala desa membuat permohonan kepada pihak perhutani, untuk mencabut laporannya. Kemudian atas dasar itu pihak perhutani mencabut laporan ke pihak satreskrim Polres Tuban,” katanya.

Kemudian, lanjut Adhi, pihaknya memfasilitasi dan menyampaikan kepada Kapolres Tuban atas hal ini. Kemudian Kapolres menyetujuinya. “Penyidikannya akan kami hentikan. Karena adanya pencabutan laporan dari pihak Perhutani. Jadi tidak ada lanjutannya lagi dan bisa melakukan kegiatan seperti biasanya,” tegasnya.

Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono menegaskan  bahwa kasus yang menimpa kakek ini sudah selesai, karena pelapor mencabutnya. Setelah terjadi restorative justice atau pendekatan hukum dengan lebih menitik-beratkan kondisi terciptanya keadilan dan keseimbangan untuk pelaku tindak pidana serta korbannya. “Hari ini sudah penangguhan atau kasus dihentikan dengan pendekatan restorative justice,” pungkasnya.

Sementara itu, Administrator (Adm) Perhutani KPH Tuban Tulus Setyobudi saat dikonfirmasi melalui pesan singkat telepon selularnya menanggapi kasus ini tidak menjawab. RHOFIK SUSYANTO

Berita sebelumnya : Gegara Ini Didik Mukrianto Semprot Pemda, Perhutani Hingga Polisi

Terbaru