oleh

Pastikan Tidak Ada Kerumunan, Kodim 0811 Tuban Targetkan Vaksinasi 10.000 Dosis

seputartuban.com, TUBAN – Kodim 0811 Tuban mulai membuka vaksinasi harian sekaligus  merencanakan untuk melakukan serbuan vaksinasi jajaran kodam V Brawijaya. Yang dilakukan di halaman Makodim 0811 Tuban mulai Rabu (30/06/2021).

Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf. Villiala Romadhon mengatakan dalam satu hari ditargetkan untuk  1000 orang atau dosis. Dengan vaksinasi dibatasi, karena untuk mencegah terjadinya membludaknya peserta.

“Rencananya kodim sendiri sebenarnya memiliki target 10.000 vaksin dalam 10 hari. Akan dilakukan sampai nanti tanggal 13 Juli. Dengan kegiatan ini sebenarnya  juga untuk membantu Kabupaten Tuban mencapai target sejumlah 20.000 vaksin per-hari,” katanya.

Adapun metode yang dilakukan agar tidak terjadi kerumunan seperti yang sudah terjadi di Tuban, Dandim menjelaskan pihaknya  sudah mempelajari tentang beberapa institusi yang sudah  melakukan kegiatan vaksinasi. Secara umum  memang tenaga screning atau observer harus lebih banyak daripada penyuntik sehingga tidak terjadi penumpukan peserta vaksin.

“Perbandingan yang saya hitung minimal 1 penyuntik ini harus memiliki 3 tim observer. Sehingga dalam pelaksanaanya nanti akan lebih cepat mengalir sehingga masyarakat tidak terlalu lama menunggu dan terjadi kejenuhan cuaca menjadi panas sehingga terjadi kerumunan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Romadhon menambahkan untuk ketersediaan vaksin untuk TNI, melalui Pangdam V Brawijaya menargetkan sebanyak 400 ribu vaksin di seluruh Jawa Timur. Sedangkan di Kabupaten Tuban, dapat jatah sejumlah 10.000 vaksin. Akan tetapi jika 10.000 vaksin habis, maka Kodim 0811 Tuban akan didukung lagi sampai hari ke 10 untuk menghabiskan vaksin yang sudah diberikan.

“Selama bulan juni ini kita mengejar bisa manyasar paling tidak 75%. Sehingga nanti tahap ke-2 sekitar bulan Oktober atau November kalau itu perencanaan dari pusat,” pungkasnya. RHOFIK SUSYANTO

Terbaru