Published On: Ming, Des 1st, 2019

Menhub Berikan Izin Restorasi 200 Hektar Untuk Kilang GRR Tuban

seputartuban.com, TUBAN – Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi , Sabtu (30/11/2019) bersama Direktur Utama PT Pertamina, Nicke Widyawati dan sejumlah pejabat lainnya mengunjungi proyek kilang Kilang Pertamina Grass Root Refinery (GRR) di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jatim. Dalam kesempatan ini Menhub menegaskan izin restorasi 200 hektar untuk pembangunan kilang terintegrasi dengan pelabuhan.

PASTIKAN SEMUA SIAP : Menhub dan Dirut Pertamina saat melayani wawancara wartawan

Pembangunan pelabuhan dengan panjang sekitar 400 sampai 600 meter. “Saya izin pada Pertamina untuk melakukan restorasi. Tapi nanti dimungkinkan dilakukan reklamasi 200 hektar sehingga dengan tanah itu cukup digunakan,” katanya dalam keterangan pers.

Penggunaan ratusan hektar tersebut akan disesuaikan dengan kebutuhan pembangunan kilang. “200 Ha itu kombinasi, kalau fungsinya ada kaitannya degan pelabuhan maka ijinya dari kita, jadi kombinasi ada kilang ada pelabuhan,” imbuhnya.

Menteri dua periode itu menambahkan mengaku kagum dengan adanya satu mega proyek yang akan dibangun oleh pertamina. Dalam kunjungannya ini dia diperintahkan oleh Presiden Jokowi Widodo untuk mengawal proyek yang menjadi inisiatif pemerintah, salah satunya pembuatan kilang minyak.

Sebelumnya, Dirut Pertamina, Nicke menjelaskan kepada Menhub bahwa pembangunan kilang telah memasuki tahap pembersihan lahan sekitar 328 hektar. Serta pemulihan lahan abrasi (restorasi) seluas 20 Ha. Dalam pembangunan kilang Tuban tahap awal ini, Pertamina telah menyerap 270 tenaga kerja lokal Tuban. “Kami sudah merekrut sekitar 270 warga sekitar, dan terus akan kami tambah untuk pekerjaan konstruksi,” katanya.

Nicke menambahkan restorasi pertama ini akan selesai dengan waktu 6 bulan, setelah itu akan dilanjutkan restorasi laut yang 200 hektar. “Kalau pelabuhan kita bangun bersamaan dengan kilang, jadi proyek kilang dengan GRR yang semuanya akan selasai di tahun 2026,” jelasnya. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

komentar dengan santun

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Videos