Hari Kedua Pendaftaran Caleg 2024, KPU Tuban Masih Sepi

seputartuban.com, TUBAN – Memasuki hari kedua pendaftaran bakal calon anggota (Bacaleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban, Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban masih nampak sepi dari aktivitas pendaftaran Bacaleg pemilihan umum (Pemilu) anggota legistlatif tahun 2024.

Hal itu dibenarkan Ketua KPU Kabupaten Tuban, Fatkul Iksan, Selasa (2/5/2023). Dia menegaskan bahwa hingga jam pelayanan kantornya tutup, dan sudah hari kedua jadwal pendaftaran Bacaleg, belum ada satupun Partai Politik (Parpol) mendaftarakan Bacalegnya. “Memasuki hari kedua pendaftaran bakal calon anggota DPRD, sampai jam 16.00 WIB  masih belum ada yang mendaftar,” ungkapnya.

Fatkul menjelaskan, tahapan pendaftaran berlangsung sampai dengan 14 Mei 2023. Dengan jam operasional pada 1-13 Mei buka pukul 08.00 – 16.00 WIB. Sedangkan 14 Mei pukul 08.00 – 23.00 WIB.

“Kami meminta pada seluruh Parpol sebelum mengajukan Bacalon DPRD, hendaknya konfirmasi terlebih dahulu. Agar kita bisa bantu mengecek berkas-berkas di sistem informasi pencalonan (SILON),” harapnya.

Diketahui, sebagaimana telah diumumkan sebelumnya, Berdasarkan Pengumuman KPU Kabupaten Tuban Nomor: 234 /PL.01.4-PU/3523/2023 tentang Pengajuan Bakal Calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah untuk Pemilu Serentak 2024. Parpol harus memenuhi sejumlah persyaratan untuk mengajukan bakal caleg pada Pemilu 2024.

Adapun persyaratannya yakni. Bakal caleg DPR RI dan DPRD dari partai politik menggunakan formulir model B- Pengajuan Parpol dalam bentuk fisik, yang kemudian disampaikan langsung dan digital yang diunggah ke dalam aplikasi Sistem Informasi calon (Silon).

Kemudian, daftar menggunakan formulir model B- pengajuan parpol disertai foto diri terbaru bakal calon dan dilampiri dokumen pengajuan yang ditandatangani Ketua Umum Partai Politik Peserta Pemilu atau nama lain dan Sekretaris Jenderal Partai Politik Peserta Pemilu atau nama lain yang sah. Sesuai dengan Keputusan Kemenkumham, tentang pengesahan susunan pengurus partai politik tingkat pusat dalam bentuk fisik yang juga di sampaikan langsung untuk di unggah di Silon. RHOFIK SUSYANTO

Print Friendly, PDF & Email