oleh

Enam Ribu Peserta Ikuti SKD CPNS Tuban

seputartuban.com, TUBAN  – Setelah sehari sebelumnya Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Budi Wiyana, meninjau pelaksanaan tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kabupaten Tuban tahun 2020, Rabu (26/02/2020) giliran Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, Mengunjungi dan meninjau langsung pelaksanaan Tes yang dilaksanakan di Wahana Ekspresi Poespo Negoro, Kabupaten Gresik.

SEMANGAT : Wakil Bupati Tuban saat meninjua lokasi tes SKD CPNS di Gresik

Pada kesempatan ini Wabup didampingi Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tuban beserta tim, perwakilan Inspektorat Tuban dan BKN Regional II Jawa Timur.

Setelah meninjau pelaksanaan tes, Wabup menyampaikan bahwa peninjauan yang dilaksanakan adalah untuk memastikan pelaksanaan tes SKD CPNS tahun 2020 berjalan lancar.Dari hasil pengamatan langsung serta laporan yang didapatkannya, Wabup merasa senang bahwa pelaksanaan tes SKD yang sudah berlangsung selama tiga hari ini berjalan lancar dan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).

“Alhamdulillah Pelaksanaan tes berjalan lancar, panitia sudah menyiapkan sarana prasarana dan kondisi yang sangat baik, sehingga peserta merasa nyaman”ungkapnya.

Wabup berharap dari pelaksanaan tes CPNS ini didapatkan Aparatur Sipil Negara sesuai yang diharapkan dan dapat menjalankan tugas sebaik mungkin. “Para CPNS ini nantinya di harapkan siap menjadi pelayan masyarakat yang baik.” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala BKPSDM, Nurhasan, mengatakan bahwa Berdasarkan data rekapan sementara perhari Rabu (26/02/20), persentase kelulusan peserta tes SKD mencapai 53,8 persen. “Ini capaian yang luar biasa, sudah Separo lebih yang lulus,” tuturnya.

Lebih lanjut, Nurhasan mengatakan bahwa selama tiga hari melaksanakan Tes SKD, belum di temui kendala berarti, yang sering terjadi adalah adanya keterlambatan kehadiran peserta. “Sehingga bagi peserta yang belum melaksanakan tes dimohon untuk dapat mempersiapkan segalanya dengan baik terutama dalam manajemen waktu. Sehingga tidak terlambat dan lebih tenang dan nyaman dalam menjawab soal,” harapnya.

Nurhasan menambahkan bahwa bagi Peserta yang lolos SKD belum tentu bisa mengikuti tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), berdasarkan peraturan yang berlaku, jumlah peserta yang bisa mengikuti SKB adalah berjumlah 3 kali dari jumlah formasi yang dibutuhkan. “Nantinya akan dilihat rangking nilai peserta. Yang menempati peringkat teratas akan mengikuti SKB,” jelasnya. Ditambahkan pria asal Merakurak Tuban ini bahwa, Tes SKD CPNS dilaksanakan pada 24-28 Februari 2020 yang diikuti 6.039 peserta. Adapun jumlah formasi CPNS tahun 2020 Pemkab Tuban oleh KemenPAN-RB adalah sebanyak 349 dengan rincian, untuk tenaga kesehatan 178; tenaga pendidikan 106; dan tenaga teknis 65. “Setiap harinya dilaksanakan lima sesi tes dengan jumlah peserta 300 orang persesi atau total 1500 orang perhari,”pungkasnya. RLS/FIK

Terbaru