Published On: Kam, Jul 18th, 2019

Cara Warga Tolak Kilang Minyak, Buat Kaos “Tuban Ora Didol”

seputartuban.com, TUBAN – Kelompok masyarakat yang tergabung dalam Organisasi Darurat Agraria di wilayah, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban melakukan penolakan rencana pendirian kilang minyak. Dengan cara membuat dan menjual kaos bertuliskan “Tuban Ora Di Dol” atau artinya Tuban Tidak Dijual. Hasilnya akan digunakan untuk mereka berjuang menolak pembangunan megaproyek tersebut.

Koordinator pembuatan kaos, Irkham yang juga sebagai advokasi hukum menjelaskan kepada seputartuban.com bahwa hal itu sebagai upaya kampanye. Di Tuban akan berdiri industrialisasi khususnya wilayah Kecamatan Jenu. Serta terjadi konflik antara pihak Pertamina dengan warga, sehingga pihaknya menggalang dengan membuat kaos.
“Kita juga mengkampanyekan itu terus ,dan dari hasil penjualan kaos kita pergunakan untuk dana perjuangan kawan-kawan di Jakarta,” katanya, Selasa (16/7/2019).
Ide pembuatan kaos terinspirasi dari kawan sejawatnya di Surabaya dan Yogyakarta. Pihaknya tidak ingin membebankan biaya berjuang kepada masyarakat. “Makanya kita berusaha mandiri, membuat ide-ide termasuk dengan penjualan kaos tersebut,” jelasnya.
Usaha pembuatan kaos ini nampaknya mendapat tanggapan positif dari masyarakat luas. Pesanan mulai berdatangan baik dari dalam maupun. Luar Tuban bahkan dari luar negeri.
“Animo masyarakat dengan adanya pembuatan kaos ini cukup antusias, dari Tuban maupun luar kota. Atau luar pulau bahkan yang dari luar negeri sudah pesan,” ungkapnya.
Dalam waktu dekat, pihaknya juga akan mengadakan sekolah hukum dan panggung budaya. Selain itu juga ada agenda keluar daerah untuk menyelesaikan konflik warga Jenu dengan Pertamina. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Berita Terkini

Videos