Published On: Rab, Mar 1st, 2017

Yang Mau Jadi Dewan, NasDem Mulai Buka Pendaftaran Caleg

seputartuban.com, TUBAN – Meski pelaksanaan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) akan dilaksanakan pada tahun 2019, Partai NasDem mulai menjadi Bakal Calon (Balon) Legislatif. Pendaftaran dibuka sejak 1 Pebruari 2017 sampai 31 Maret 2017. Sebelum dinyatakan sebagai Caleg partai, mereka harus menjalani sejumlah tahapan.

Ketua DPD NasDem Tuban, Sumantri mengatakan pengumuman terdaftar sebagai Bacaleg pada 1 Mei 2017. ‘Masa kerja Bacaleg mulai 2 Mei sampai 31 Desember 2017. Kemudian survei Bacaleg dilakukan pada Januari 2018. Penentuan sebagai Bacaleg pada Pebruari 2018,” katanya.

Syarat umum untuk mendaftar adalah minimal berusia 21 tahun. Berpendidikan minimal SLTA serta berkelakuan baik. Bahkan bagi sosok yang aktif di sosial media juga menjadi pertimbangan tambahan. “Memiliki rekam jejak di masyarakat yang baik. Juga mengikut sertakan bukti pengikut yang aktif di sosial media,” imbuhnya.

DPD NasDem Tuban menargetkan perolehan kursi meningkat. “Ditargetkan 7 kursi,” ungkapnya.

Pendaftaran dibuka untuk kader dan masyarakat umum. Bagi yang berkeinginan menjadi anggota Legislatif Kabupaten Tuban, dipersilahkan mendaftar ke NasDem.

Diketahui, sistem penentuan anggota legislatif dalam Pileg 2019 menggabungkan sistem proporsional terbuka yang dilakukan pada Pileg 2004 dan tertutup pada Poleh 2009 dan 2014 lalu. Atau menggunakan sistem kombinasi.

Dengan sistem kombinasi itu, rakyat tetap dapat memilik calon yang mereka inginkan di kertas suara. Partai Politik (Parpol) juga memiliki kewenangan untuk menetapkan siapa yang berhak sebagai anggota dewan terpilih. Jika diketahui calon terpilih rakyat diketahui bermasalah, maka Parpol berhak mengganti dengan calon lainya. MUHAIMIN

Facebook Comments

About the Author