Published On: Sab, Sep 8th, 2018

Wujud Dedikasi Kapolres Tuban Untuk Pelajar Penemu Alat Deteksi Narkotika

seputartuban.com.TUBAN – Salsadilla Luluk Aryani dan Miftahul Ghufroni, siswa SMAN 1 Rengel, Kabupaten Tuban mendapat kejutan. Jumat (7/8/2019) Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono, mengunjungi keduanya di sekolah. Untuk memberikan apresiasi atas prestasi penemuan alat pendeteksi Narkotika dengan menggunakan Pulpen.

PERHATIAN : Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono saat menerima penjelasan dari kedua siswa penemu alat deteksi Narkotika

Siswa jurusan IPA tersebut dihadapan Kapolres Tuban dan Pejabat Utama (PjU) Polres Tuban memeragakan cara kerja alat yang diberi nama Smart Ink Pen Narcotic Inspektor (SI PENATOR). Pulpen dimodifikasi dengan diisi cairan khusus hasil buah naga dan kurkumin yang terkandung dalam ekstrak kunyit.
Cairan dalam pulpen itu mendeteksi kandungan narkotika dalam makanan maupun minuman. Cairan tersebut dapat mengikat senyawa kimia yang mengandung Narkotika, sehingga mudah diketahui kasat mata.

Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono mengatakan kedatangannya ke sekolah untuk memberikan apresiasi tinggi kepada kedua siswa yang telah berprestasi tersebut.

“Kami sangat bangga dan akan terus menggali bakat anak-anak dan mendukung bibit-bibit yang ada di Bumi Wali Ronggolawe untuk menjadi penerus bangsa yang intelektual yang tinggi dan penemu-penemu yang nantinya akan di akui dunia,” ujarnya.

Lebih lanjut Kapolres asli dari Kabupaten Bojonegoro itu menambahkan bahwa yang dilakukannya merupakan panggilan jiwa, untuk memberikan dukungan langsung kepada putra-putri Tuban yang prestasi. Selain itu juga sesuai program inovasi Polres Tuban. Yakni Program Polrea Tuban Peduli yang akan dilaunching dalam waktu dekat. Didalamnya peduli keagamaan, pendidikan, kebersihan, ekonomi dan kesehatan. “Dan ini menjadi ranah pendidikan yang harus kita dukung,” tegasnya.

Kedua siswa itu ikut dalam lomba PCTA (Parade Cinta Tanah Air) yang diadakan oleh Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (KemenHan RI). Kompetisi ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu perguruan tinggi dan tingkat SLTA sederajat. Keduanya lolos ke final dari 20 kelompok yang lolos.

Sebelumnya, Kapolres Tuban juga telah mengundang siswi Tuban yang berhasil masuk menjadi personil Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) di Istana Negara.

Untuk diberikan apresiasi atas prestasinya. Karena untuk menjadi Paskibra Nasional melalui proses yang panjang dan sulit. Apresiasi selalu diberikan Kapolres Tuban kepada para pelajar prestasi, sebagai wujud dukungan moral kepada pelajar prestasi dan motivasi kepada seluruh pelajar, remaja Tuban agar memiliki semangat maju yang sama. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

About the Author

komentar dengan santun

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Videos