Published On: Jum, Apr 10th, 2020

Wilayah Kecamatan Montong Diterjang Banjir Bandang Tengah Malam

seputartuban.com, MONTONG – Wilayah Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, Kamis (9/4/2020) dilanda banjir bandang. Warga panik menyelamatkan harta bendanya karena banjir melanda tengah malam, saat masyarakat banyak yang tidur.

Hasil informasi dan pantauan seputartuban.com menyebutkan, setidaknya banjir bandang menerjang Desa Talangkembar dan Desa Guwoterus. Karena sungai di kedua desa tersebut menjadi muara dari belasan desa di Kecamatan Montong.

BANJIR BANDANG : Kondisi ruang tamu rumah Yudi terendam banjir bandang

Di Desa Talangkembar, banjir sudah menggenangi jalan raya. Juga sudah menggenangi rumah warga. Derasnya arus air membuat banjir bandang cepat meninggi volumenya. Perabot rumah tangga maupun barang berharga lainnya berusaha diselamatkan dengan dipindah ke tempat lebih tinggi.

Kondisi serupa juga terjadi di Desa Guwoterus. Beberapa warga yang mengetahui kabar banjir bandang mulai menggenangi rumah warga mulai berkemas menyelamatkan barangnya. Hasil panen, barang rumah tangga hingga mengungsikan hewan ternaknya.

KERJA KERAS : Beruntung banjir bandang tidak sampai meluas seperti kejadian beberapa tahun sebelumnya

Kesibukan warga memecah keheningan malam. Karena sebagian besar keluar rumah untuk berkemas. Atau bahkan untuk mengetahui langsung kondisi banjir bandang. Agar tahu langsung apa masih bertambah atau sudah berkurang.

Yudi, salah satu warga Dusun Jaten, Desa Guwoterus yang rumahnya sudah tergenang banjir bersama keluarga dan sejumlah tetangganya berpacu dengan banjir bandang, untuk menyelamatkan barang-barangnya. “Banjirnya datangnya cepat, di dalam rumah sampai selutut. Buku untuk anak ngaji dan lainnya beruntung masih bisa diselamatkan,” katanya.

Hingga Jumat (19/4/2020) dini hari, jam 01.30 WIB warga masih banyak yang diluar rumah. Kondisi semakin membuat panik karena warga dalam kondisi kegelapan. Karena saluran listrik mengalami pemadaman. Lampu menyala sekitar pukul 02.30 WIB dan banjir bandang masih melanda rumah warga.

GELAP GULITA : Banjir bandang bersamanya dengan pemadaman aliran listrik

Hingga berita ini dipublikasikan belum dapat dipastikan berapa jumlah rumah yang terendam dan dampak kerugiannya. Namun kondisi banjir sudah tidak lagi menggenangi rumah warga. Sementara di desa lainnya di Kecamatan Montong, debit air sungai juga sempat meluap.

Diketahui, di desa ini pernah dibentuk Desa Tanggap Bencana oleh Pemkab Tuban. Saat itu, perangkat desa dan tokoh masyarakat dikumpulkan untuk diberikan wawasan kebencanaan. Kemudian diberikan kaos satu per-satu. Namun usai kegiatan itu, terkesan tidak ada tindaklanjutnya hingga saat ini. Sedangkan kawasan desa ini rawan dilanda Banjir Bandang. Terbukti sudah beberapa kali mengalami banjir bandang. NAL

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos