Published On: Rab, Jun 8th, 2016

Waspadai Maraknya Jajanan di Pinggir Jalan Saat Ramadhan

TUBAN

seputartuban.com – Tiap kali memasuki puasa Ramadhan, penjual makanan ringan dan juga minuman banyak berderetan di tepi jalan. Namun masyarakat harus tetap berhati-hati dan waspada terhadap makanan yang dijual tersebut.

SAIFUL HADI: Kita rencanakan akan merekrut 90 tenaga mulai dari dokter, perawat, bidan  serta tenaga kesehatan lainnya.

SAIFUL HADI

Kepala Dinas Kesehatan Tuban, Saiful Hadi mengharapkan agar masyarakat lebih teliti saat membeli jajanan. Apalagi jajanan tersebut diperuntukkan bagi anak-anak. Yang harus diutamakan adalah memilih makanan yang higienis mulai dari bahannya hingga cara pengolahannya.

“Penjual harus benar-benar menjamin makanan yang dijual ya tersebut layak konsumsi dan tidak menyebabkan penyakit bagi yang konsumsi,” katanya, Selasa (07/06/2016).

Sementara itu masyarakat bisa mengetahui kondisi makanan itu layak konsumsi atau tidak dilihat dari warna dan baunya. Atau dapat dilihat langsung dengan beberapa ciri. Diantaranya tekstur jajanan sangat kenyal, nampak mengkilap.

Selain itu rasanya sangat tajam dan memberikan efek getir. Sebab bila makanan itu tidak bersih maka dapat menimbukkan penyakit diare. “Kita sudah lakukan pemantauan baik yang ada di wilayah perkotaan maupun kecamatan, petugas sudah kita kasih himbauan,” jelasnya.

Selain melakukan pengawasan, Dinkes juga melakukan koordinasi dengan Dinas terkait seperti Disperpar dalam melakukan pengawasan terhadap makanan yang beredar di masyarakat. Sebab pada saat seperti ini dapat dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab melakukan peredaran makanan yang sudah kadaluarsa maupun tidak layak konsumsi.

“Kita juga melakukan koordinasi dengan Kepolisian, bila kita temukan ada penjual makanan maupun minuman yang membahayakan masyarakat akan diproses sesuai dengan hukum yang ada,” pungkasnya. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author