Published On: Sen, Okt 22nd, 2012

Waspadai Banjir, Kesbangpolinmas Sidak Tanggul

Share This
Tags

Penulis : Hanafi

PLUMPANG

seputartuban.com – Petugas Kesatuan Bangsa, Politik, dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kabupaten Tuban meninjau 3 titik rawan banjir dan tanggul jebol di 3 Kecamatan yang dilalui aliran sungai bengawan solo, Senin (22/10/2012).

Peninjauan ini dilakukannya untuk mengetahui rawan banji dan tanggul jebol sejak dini. Meskipun tanggul sudah dibangun, disinyalir setiap tahunnya 3 titik tersebut selalu menjadi langganan banjir. 3 titik rawan banjir itu berada di kecamatan Rengel, Kecamatan Plumpang dan Kecamatan Widang. Yang merupakan tepat menjadi belokan arus bengawan solo.

Kepala Seksi Linmas, Kesbangpolinmas, Kabupaten Tuban, Syaifuddin, saat dikonfirmasi seputartuban.com, menjelaskan bahwa, tujuan pemetaan atau peninjauan ini sebagai langkah awal dalam mengantisipasi adanya titik rawan banjir dan tanggul jebol. Menurutnya, titik rawan ini sangat potensi banjir dan tanggul jebol, alasannya, tepat di titik arus belok aliran sungai bengawan solo.

Tanggul atau tangkis yang sudah rusak dengan terkikis air sungai, akan dilaporkan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Propinsi Jawa Timur agart bisa ditindak lanjuti untuk dasar pengajuan perbaikan. Dan akan diteruskan kepada Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB).
Koordinasi tidak hanya itu saja, pihaknya akan berkoordinasi dengan Balai Besar Bengawan Solo (BBBS) sebagai pemangku kewenangan sungai ini.

“Kami bekerja di lapangan, dan kita koordinasikan dengamn pihak terkait, agar warga di sekitar sungai bengawan solo tidak lagi terkena luapan sungai. Saya juga menghimbau agar warga bisa menjaga tanbggul dengan baik, ” himbaunya.

Foto : Petugas Kesbangpolinmas saat meninjau lokasi tanggul rawan jebol

Facebook Comments

About the Author