Published On: Sel, Mar 29th, 2016

Waspada Cuaca Tuban Masih Berpotensi Ekstrim

TUBAN

JOKO LUDIONO: Bencana itu tidak bisa dihindari dan perlu adanya pendidikan dan pengenalan terhadap potensi bencana yang akan terjadi.

JOKO LUDIONO

seputartuban.com – Meskipun beberapa hari terakhir sejumlah wilayah di Kabupaten Tuban tidak hujan, namun diperkirakan masih berpotensi akan terjadi hujan lebat. Sehingga masyarakat dihimbau agar selalu waspada kondisi cuaca ekstrim.

Sekretaris BPBD Kabupaten Tuban, Joko Ludiono mengatakan berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) masih akan terjadi cuaca ekstrim. Yaitu terjadinya hujan dengan intensitas tinggi.

Hal itu disebab karena adanya sirkulasi siklonik (tekanan atmosfer rendah) di Samudera Hindia, serta kelembapan udara yang masih tinggi. “Kita mendapat peringatan dari BMKG,” kata Joko Ludiono, Senin (28/3/2016).

Masyarakat dihimbau tetap waspada, sehingga pada saat terjadi hujan agar tidak berteduh dibawah pohon. Atau jika saat berkendara lebih baik berhenti. Sebab selain curah hujan tinggi juga berpoetensi terjadi banjir, puting beliung dan disertai petir.

“Melihat intensitas curah hujannya, potensi banjir baik karena luapan sungai bengawan solo maupun banjir bandang,” jelas Joko.

Sementara itu, kerusakan infrastruktur akibat banjir di Kabupaten Tuban beberapa waktu lalu hingga saat ini masih ada yang belum diperbaiki. Diantaranya tanggul sungai avur jambon dan jalan yang terkikis.

“Beberapa titik yang mengalami kerusakan sudah kita tangani secara darurat. Tetapi melihat intensitas curah hujannya berpotensi mengalami kerusakan lagi,” ujarnya. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author