Published On: Rab, Mar 8th, 2017

Wartawan Bukan Sekedar Pembawa Kabar, Tuban Tuan Rumah Peduli Kesehatan PWI Jatim

seputartuban.com, PLUMPANG – Wartawan bukan hanya pembawa berita bagi masyarakat, namun juga bagian dari pelaku peduli sosial. Seperti yang dilakukan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim, Rabu (8/3/2017) di Desa Kebomlati, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban.

PEDULI MASYARAKAT : Ketua PWI Jatim, Ahmad Munir dan Sekda Kab. Tuban, Budi Wiyana dilokasi pengobatan gratis, Desa Kebomlati, Kecamatan Plumpang, Rabu (8/3/2017)

Organisasi wartawan tertua di Indonesia ini bersama sejumlah pihak melaksanakan Peduli Kesehatan bagi warga pasca menjadi korban banjir luapan sungai bengawan solo. ratusan warga dari tiga dusun des setempat nampak memadati kantor desa sejak pukul 08.30 WIB untuk memeriksakan kondisi kesehatanya.

“Batuk dan pilek, terkadang disertai mengginggil jika menjelang malam dan pagi. Kalau biasanya ya hanya batuk-batuk biasa,” terang Sukandar (43), salah warga warga usai mengikuti pengobatan gratis.

Selain gatal, sebagian besar masyarakat setempat, pasca meluapnya sungai bengawan solo beberapa waktu lalu tersebut mengakibatkan beberapa warga terserang penyakit yang gejalanya mirip dengan gejala tifus. Menurutnya, sudah seminggu ini ia menderita flu disertai batuk-batuk ringan dan sakit kepala yang terus menerus. Namun jika menjelang sore dan menjelang sekitar subuh, dingin disertai mengginggil hebat tidak dapat dihindarinya.

Ia khawatir, mengingat hampir sepekan ia menderita sakitnya tersebut. Menyebabkannya mulai menduga-duga jika penyakit yang telah menimpanya tersebut bukan gejala tifus melainkan gejala demam berdarah.

Sehingga ia pengobatan gratis PWI Jatim dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) dan Hari Ulang Tahun (HUT) PWI ke-71 tersebut. Ia merasa lega karena Dokter Umum yang bertugas diwilayah setempat mengatakan bahwa ia hanya terserang gejala tifus. Saat diperiksa petugas, ia disarankan agar menjaga pola makan dan menjaga kebersihan lingkungan disekitar rumah, “Sudah diperiksa, kata pak dokter cuma gejala tifus. Ini sudah diberi obat dan aturan penggunanya, gratis.” lanjutnya.

PEDULI KESEHATAN : Suasana pengobatan gratis PWI Jatim Peduli di Desa Kebomlati, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, Rabu(3/8/2017)

Ketua PWI Jatim, Ahmad Munir mengatakan kegiatan peduli kesehatan akan dilaksanakan sampai 3 hari kedepan. Rabu (8/3/2017) di Desa Kebomlati, Kecamatan Plumpang. Kamis (9/3/2017) di Desa Kanorejo, Kecamatan Rengel. Jumat (10/3/2017) di Kecamatan Widang. Karena wilayah itu merupakan kawasan yang paling sering terdampak banjir luapan sungai bengawan solo.

“Tahun ini kami sengaja memilih Tuban, dan beberapa titik lain yang terdampak langsung oleh bencana banjir sebagai target kegiatan layanan kesehatan gratis. Harapan kami semoga melalui kegiatan ini dapat ditanggapi positif oleh masyarakat,” jelasnya.

Diketahui, kegiatan memberikan layanan kesehatan gratis yang rutin sudah dilakukan sejak 5 tahun lalu oleh PWI Jatim dan selalu mendapat tanggapan positif dari masyarakat.

Hadir dalam kegaitan ini, Sekda Kabupaten Tuban, Pengurus Harian PWI Jatim, pengurus dan anggota PWI Tuban, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Kepala Desa Kebomlati.

Sejak dimulai kegiatan pukul 08.30 WIB, hingga Pukul 11.40 WIB. Sudah sebanyak 380 warga setempat yang namanya sudah terdaftar akan diperiksa kesehatanya. Sedangkan kegiatan itu masih berlangsung hingga pukul 16.00 WIB. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author