Published On: Ming, Des 11th, 2016

Warsidin Kades Terpilih Bangunrejo, Kalahkan Rivalnya Selisih 2 Suara

SOKO

seputartuban.com – Pasca kericuhan Pilkades Bangunrejo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Kamis (8/12/2016) dilakukan penghitungan suara ulang, Jumat (10/12/2016) sejak pagi hingga lewat tengah malam. Hasilnya Calon Kepala Desa (Cakades) nomor urut 3, Warsidin menjadi pemenang dengan memperoleh 1,274 suara.

BERAKHIR KONDUSIF : Suasana penghitungan hasil Pilkades berakhir dengan mufakat para pihak

Penghitungan perundingan hingga penghitungan suara ulang dilakukan sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 00.58 WIB di Pendopo Kantor Kecamatan Soko. Disertai dengan pengawalan ketat aparat keamanan.

Hasil akhir penghitungan ulang tersebut calon nomor urut 3, Warsidin, di TPS I mendapat perolehan suara sah sebanyak 919 suara. Sedangkan di TPS II memperoleh 355 suara. Atau total mendapatkan 1,274 suara.

Sedangkan calon nomor urut 2, Teguh Hermanto dari TPS 1 memperoleh 276 suara. Sedangkan di TPS II mendapatkan 996 suara. Atau total mendapatkan 1,272 suara. Sementara Calon nomor urut 1, Sunjani di TPS 1 mendapatkan 35 suara dan TPS 2 mendapatkan 310 suara atau total 345 suara. Paling jauh berbeda adalah perolehan calon nomor urut 4 atas nama Redi Marjono, di TPS I ia memperoleh 3 suara dan pada TPS II memperoleh sebanyak 23 surat suara. Untuk suara tidak sah total hanya 41 suara

Di Desa Bangunrejo total daftar pemilih tetap sebanyak 3,452 pemilih. Saat Pilkades 2,958 pemilih hadir, 494 lainya tidak hadir. Hasil penghitungan ulang itu tetap membuat Warsidin memenangi Pilkada seperti saat diprotes sebelumnya.

Hasil pengecekan perolehan suara dari 5 sampul surat suara dilakukan perbaikan data. Hasilnya terdapat kekeliruan pencatatan sampul surat suara yang tidak sesuai dengan isi perolehan surat suara didalamnya.

Kemudian dilakukan perbaikan data pada sampul calon nomor urut 3 dan nomor urut 2. Sedangkan 3 berkas lainya sudah benar, tidak dilakukan perbaikan. Hasil akhirnya tetap sama seperti saat diprotes sebelumnya, yakni pemenang Pilkades hanya terpaut 2 suara dengan perolehan calon dibawahnya yang kalah.

Kabid Pemdes,  Bapemas Pemdes dan KB Pemkab Tuban, Sugeng Purnomo mengatakan hasil akhir penghitungan ulang sudah disepakati para pihak. Sehingga sudah tidak dapat diganggu gugat. Jika masih terdapat masa pendukung yang akan menggugat data tersebut, dipersilahkan menuntut melalui jalur hukum.

“Proses penghitungan ulang ini sudah sesuai dengan kaidah semestinya dan disaksikan oleh seluruh elemen masyarakat, jika tidak berkenan dengan hasil yang sudah disampaikan silahkan menuntut dipengadilan,” tegasnya usai memimpin pelaksanaan penghitungan ulang. Jumat, (10/12/2016) malam.

Sementara itu, suara tidak sah dan hasil perolehan suara calon sudah sesuai dengan pemilih yang hadir. “Untuk suara tidak sah seluruhnya berjumlah 17 surat suara yang dicoblos lebih dari 1 calon, serta 1 surat suara kosong tanpa dicoblos. Dengan demikian seluruh surat suara yang masuk berjumlah 1.250 surat suara dan jumlah ini sudah sesuai dengan daftar hadir pemilih.” lanjutnya.

Penghitungan ulang itu dilaksanakan setelah dilakukan upaya mediasi antar pendukung calon tidak membuahkan hasil. Sedangkan penghitungan ulang surat suara dilakukan sejak pukul 16.40 WIB hingga pukul 23.48 WIB.

Masa penghitungan ulang suara tersebut disaksikan oleh Kabag Ops Polres Tuban, Kompol Hendry Soelistiawan. Kepala Bapemas, Pemdes, dan KB, Mahmudi. Kabid Pemdes dan KB, Sugeng Purnomo. Bag Hukum Pemkab Tuban, Fx Marryanto SH. Kapolsek Soko, AKP Yudi Hermawan dan Camat Soko, Muji Slamet.

Diketahui, Pilkades Bangunrejo Kamis (8/12/2016) sekitar pukul 16.40 WIB ricuh. Salah satu pendukung calon kades menuding adanya kecurangan dalam penghitungan hasil suara pemilih. Sehingga mereka berupaya merangsek ke panitia hingga menyebabkan situasi makin memanas dan nyaris ricuh.

Aparat kepolisian yang diterjunkan kelokasi sebanyak 2 peleton untuk mengamankan situasi. Selain itu melakukan pengamanan panitia dan kotak suara ke Pendopo Kecamatan Soko. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author