Published On: Rab, Mei 21st, 2014

Warpada MERS, Warga Tuban Dari LN Harus Diperiksa Puskesmas

Share This
Tags

TUBAN

Kepala Dinkes Tuban Saiful Hadi

Kepala Dinkes Tuban Saiful Hadi

seputartuban.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban setelah mendapatkan surat edaran terkait waspada virus Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dari Dinas Kesehatan Jawa Timur. Agar menghimbau kepada semua warga Kabupaten Tuban untuk waspada terhadap serangan Mers. Khususnya bagi yang akan melaksanakan ibadah haji atau umroh maupun yang akan bepergian ke luar negeri.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, Syaiful Hadi, saat dikonfirmasi, Selasa (20/05/2014) mengatakan, edaran tersebut dikeluarkan oleh dinas Kesehatan Jawa Timur untuk seluruh kabupaten dan kota. Surat Edaran (SE) nomor 443.33/5052/101.2/2014 berisikan himbauan tentang siap siaga kasus Mers. “Surat  ini baru diterima minggu lalu, yang selanjutnya akan kami sampaikan ke seluruh Puskesmas se-kabupaten Tuban,” ungkap Saiful.

Menindaklanjuti SE ini, bagi warga Tuban yang baru datang dari Arab Saudi maupun negara yang terindikasi sedang mewabah virus MERS, akan diperiksa di Puskesmas untuk mengetahui kondisi kesehatanya bebas dari virus ini.

Hal ini dimaksudkan jagar diketahui sejak dini jika terjadi penyebaran MERS di Kabupaten Tuban. Kemudian dilakukan penanganan intensif, karena virus tersebut dapat menyebabkan kematian. “Biasanya gejala virus tersebut diantaranya mengalami gangguan pernafasan, suhu badan diatas 38 derajat,” katanya.

Hingga saat ini menurut Saiful, penyebaran Mers ada di 14 negara, yakni Uni Emirat Arab, Mesir, Jirdania, Kuwait, Qatar, Tunisia, Malaysia, Oman, Prancis, Yunani, Italia, , Amerika Serikat, Inggris dan Filipina. AMIN

Facebook Comments

About the Author