Published On: Rab, Jan 4th, 2017

Warga Tanggulangin Puas Dengan Pembangunan Infrastruktur Desanya Yang Cerdas

seputartuban.com, MONTONG – Pemerintah Desa (Pemdes) Tanggulangin, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, merealisasikan program yang harmoni dengan alam. Yakni memprioritaskan penggunaan Dana Desa (DD) untuk pembangunan infrastruktur. Berupa menahan kontur alam yang kurang bersahabat. Untuk mencegah banjir dan tanah longsor.

SANGAT BERMANFAAT : Kondisi saluran air yang sudah dibangun sangat dimanfaatkan oleh masyarakat Desa Tanggulangin khususnya saat musim hujan

Pemdes Tanggulangin sukses melakukan pengerjaan Pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) dan drainase yang berperan untuk menyokong kondisi kontur tanah wilayah setempat. Mengingat letak wilayah desa itu merupakan kawasan perbukitan dengan tekstur tanah yang mudah longsor.

Pengerjaan TPT tersebut sepanjang jalan wilayah Dusun Tawing dan Dusun Guyangan. Dengan panjang mencapai 200 Meter, sedangkan ketinggiannya antara 1,25 Meter hingga 1,70 Meter. Saluran drainase juga sudah dilakukan perbaikan sepanjang wilayah Dusun Tawing, Tanggungrejo dan Dusun Krajan. Dengan panjang mencapai 350 Meter, Lebar 30 Cm, serta tinggi 30 Cm.

Pemdes Tanggulangin juga sukses menggarap jalan menuju makam Dusun Krajan dengan panjang sekitar 150 meter. Jalan tersebut juga dengan konstruksi yang berfungsi sebagai penahan air kiriman dari hutan setempat. Dan menggunakan pedel agar ramah lingkungan karena membentang sepanjang area persawahan. Pemdes Tanggulangin juga melaksanakan perbaikan Gedung serbaguna, peremajaan Balai Desa lalu Pos keamanan di Dusun Krajan dan Dusun Guyangan serta Gapura selamat datang.

Warga Dusun Krajan, Troturi (65), mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur di desanya yang anggarannya bersumber dari DD cukup memuaskan. “Seperti jalan menuju makam selain berguna untuk akses jalan untuk pemakaman juga untuk akses pertanian jadi lebih mudah. Ditambah jalan tersebut juga sebagai penahan air dari hutan, sehingga tidak merusak sawah,” ujarnya, Rabu (28/12/2016).

Puasnya pembangunan infrastruktur juga diungkapkan salah satu warga Tanggungrejo, Tasrun (55), diantaranya yang dia sebutkan pembangunan drainase jalan di dusunnya. Diungkapkan program infrastruktur Desa Tanggulangin sangat cerdas dan inovatif. Karena mampu melakukan pembangunan infrastruktur yang bisa berharmoni dengan alam.

“Semoga untuk pembangunan (infrastruktur) kedepannya terus dilakukan. Saya merasa cukup puas dengan pembangunan infrastruktur desa kami untuk kemaslahatan warga. Pembangunannya juga cerdas karena benar-benar mempertimbangkan dengan karakter alam disini,” jelas salah satu tokoh masyarakat itu. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author