Published On: Kam, Des 12th, 2013

Warga Sidonganti Dapat Bantuan Ternak Kambing

Share This
Tags

KEREK

seputartuban.com – Warga Sidonganti, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Rabu (11/12/2013) di Kantor Kecamatan Kerek bertemu dengan pihak Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Parengan. Untuk membahas kesiapan program pemberdayaan, pemberian bantuan ternak kambing.

Adm Parengan

DIPERHATIKAN : Administratur (Adm) Perhutani KPH Parengan, Daniel Budi Cahyono memipin rapat pembahasan pemberdayaan

Adminsitratur Perhutani KPH Parengan, Daniel Budi Cahyono saat dikonfirmasi berharap semua instansi memiliki kepentingan terhadap pemberdayaan masyarakat bisa terlibat.  Sehingga peningkatan kapasitas dan kwalitas warga Desa Sidonganti lebih cepat terwujud.

“Sidonganti bukan sekedar miskin, dan selama ini terpinggirkan, serta mendapatkan stigma buruk. Sehingga ada keraguan terhadap kapasitas masyarakat muncul. Sebenarnya mereka ini butuh perhatian dan pendampingan. Bantuan itu sebagian kecil dari pendampingan,” ungkapnya.

Dalam waktu dekat KPH Parengan akan memberikan bantuan program ternak kambing senilai Rp. 100 juta. Anggaran itu digunakan untuk pemberdayaan kelompok, pembuatan kandang, serta dana pendampingan teknis. “kita juga sudah membantu perkerasan jalan 300 meter senilai Rp. 20 juta. Juga 2 mushola masing-masing senilai Rp. 25 juta. Serta mengalirkan listrik untuk pompa air sejauh 3 KM senilai Rp. 50 juta,” ungkap Adm.

Kondisi lain yang sangat membutuhkan perhatian semua pihak adalah sektor pendidikan dan keagamaan. “Rencana mau menggandeng Disdikpora untuk paket B. Serta mencetak guru ngaji di Desa. Secara mental spiritual mereka masih lemah. Diharapkan semua pihak terkait melakukan pemberdayaan aspek pendidikan, usaha produktif dan menttal spiritual,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Desa (Kades) Sidonganti, Ahmad menegaskan bahwa masyarakatnya tidak seperti yang dianggap masyarakat umum saat ini. Karena hingga saat ini peran pihak terkait sangat kurang, sehingga kwalitas masyarakatnya masih sangat perlu diperkuat.

“Mereka rata-rata masalah ekonomi, pendidikan. Bahkan jika Sidonganti terdapat kejar paket, masyarakatnya dimungkinan bersedia. “Masalah pendidikan kurang maksimal. Sementara ini yang saya usulkan belum ada tindak lanjut, peternakan kambing atau sapi,”. (min)

Facebook Comments

About the Author