Published On: Kam, Mar 10th, 2016

Warga Serentak Laksanakan Sholat Gerhana Matahari

TUBAN

Khusyu : Sholat Gerhana Matahari di Halaman SMP Muhammadiyah Tuban

Khusyu : Sholat Gerhana Matahari di Halaman SMP Muhammadiyah Tuban

seputartuban.com – Fenomena 350 tahun yang dapat dilihat dilokasi yang sama gerhana matahari 2016, Rabu (9/3/2016) mendapat tanggapan beragam dari masyarakat. Ada yang dijadikan sebagai ajang wisata hingga sebagai sarana perenungan diri salah satunya menunaikan sholat gerhana (kusuf).

Salah satunya di Masjid Al Falah, Keluarahan Latsari, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, menunaikan sholat Kusuf pada pukul 07.20 WIB.

Imam Sholat Kusuf, Anwari mengatakan seluruh jamaah sebelumnya sudah dihimbau oleh pengurus untuk berjamaah melaksanakan sholat sunah tersebut. “Jamaah terlihat khusyu dan penuh hikmat melaksanakan sholat. Dan sholat berjamaah dimasjid kita bisa terlaksana dengan baik,” katanya.

Dijelaskan sholat kusuf merupakan bagian dari ibadah mengikuti sunah Rasul. Dengan tujuan agar gerhana matahari yang terjadi tahun ini tidak mengundang bencana dan mara bahaya, khususnya di Kabupaten Tuban.

Serupa dilakukan ratusan siswa dan pengajar SMP 1 Muhammadiyah Tuban. Mereka juga melaksanakan sholat gerhana matahari dihalaman sekolah.

Kepala SMP Muhammadiyah 1 Tuban, Miftahul Khoir, mengatakan bahwa kegiatan sholat gerhana tujuannya untuk memberikan pendidikan bagi siswa bahwa siklus gerhana matahari tak ubahnya siang dan malam. Siswa juga tidak hanya mengetahui gerhana saja tapi juga bisa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.

“Dengan adanya sholat gerhana  kita bisa memberikan pendidikan dan menanamkan iman pada anak didik kita. Dalam kegiatan kali ini, kita bersama anak anak juga akan membagikan sembako kepada masyarakat sekitar,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua PD Muhammadiyah Tuban, Nurul Yakin, menjelaskan bahwa sholat gerhana matahari sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad. “Sholat gerhana ini adalah anjuran Nabi Muhammad sehingga pada pagi ini kita sebisa mungkin laksanakan sholat sunah ini,” ujarnya.

Nurul Yakin berharap dengan adanya peristiwa matahari kali dapat menambah keimanan dan ketakwaan seseorang kepada keagungan Tuhan. “Peristiwa gerhana matahari menunjukkan betapa agungnya kekuasaan Allah SWT dan semoga dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita, serta menambah rasa syukur kita atas segala nikmat yang Allah berikan,” pungkasnya. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author