Published On: Sen, Des 9th, 2019

Warga Ring I Geruduk Pabrik PT Semen Indonesia

seputartuban.com, TUBAN – Sejumlah warga Ring I, yang tergabung dalam Lembaga Swadaya Masyarakat ( LSM) Anak Bangsa Peduli Lingkungan ( ABDUL) geruduk pabrik PT Semen Indonesia, Senin (9/12/2019). Di Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. Mereka turun jalan setelah sebelumnya berusaha koordinasi namun tidak mendapatkan jawaban resmi.

BANYAK TUNTUTAN : Massa Anak Bangsa Peduli Lingkungan (ABDUL) saat berunjuk rasa di depan Pabrik PT Semen Indonesia, Senin (9/12/2019) kawasan Kecamatan Kerek, Kab. Tuban, Jatim.

Berbekal spanduk bertuliskan protes kepada perusahaan Badan Usaha Milk Negara (BUMN) itu massa menggelar aksi. Dengan menggunakan pengeras suara, mereka berunjuk rasa di depan pintu masuk kawasan pabrik dan perkantoran itu. Sejumlah tuntutan disampaikan “Kami sebelumnya sudah melakukan upaya untuk kordinasi dengan pihak PT Semen Indonesia namun sampai aksi ini dilakukan belum ada jawaban,” kata Koordinator Aksi, Sunoto.

Sejumlah tuntutan disuarakan dalam aksi ini. Yaitu,meminta warga sekitar agar dibebaskan dari polisi, menghentikan perusakan alam. Kemudian PT Semen Indonesia agar memberikan sange tegas kepada kontraktor yang mengabaikan hak pekerja. Selain itu mendesak agar dana Corporate Social Responsibility (CSR) atau dana sosial perusahaan digunakan secara tepat guna. Serta menuntut agar perusahaan melakukan reklamasi pasca tambang sesuatu dokumen Analisa Dampak Lingkungan (Amdal). “Kami meminta pihak PT Semen Indonesia untuk melakukan evaluasi kembali terkait dengan tuntun kami ini,” harapnya.

Menanggapi aksi ini, Kasi Bina Lingkungan PT Semen Indonesia, Siswanto , mengatakan terkait dengan beberapa tuntutan pengunjuk rasa, pihaknya akan melakukan evaluasi internal.

Kemudian terkait dengan penggunaan dana CSR, perusahaan sudah berkoordinasi dengan Firum Masyarakat Kokoh (FMK). Tiap-tiap desa di ring 1 sudah terbentuk forum tersebut. Agar dapat menampung usulan maupun kebutuhan masyarakat. “Tentunya kami akan terus berupaya sebisa mungkin untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat,” pungkasnya. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos