Published On: Ming, Nov 22nd, 2015

Warga Lapas Tuban Sulap Kertas Bekas Jadi Berharga

TUBAN

KREATIF : Warga binaan Lapas Tuban sedang membuat kerajian olahan kertas menjadi miniatur mobil yang tinggal pengecatan

KREATIF : Warga binaan Lapas Tuban sedang membuat kerajian olahan kertas menjadi miniatur mobil yang tinggal pengecatan

seputartuban.com – Meski mendekam di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tuban, para warga binaan tidak patah arang. Meski dibatasi ruang geraknya dari dunia luar, mereka dapat menghasilkan barang berharga dari koran dan buku bekas.

Hanya memanfaatkan koran dan buku bekas, warga binaan Lapas Tuban dapat membuatnya menjadi miniatur kendaraan yang berharga dan bernilai jual tinggi. Ini berkat kesabaran dan ketelatenan mereka agar waktunya bermanfaat selama di dalam Lapas.

Salah satu penghuni lapas, Sg (32) , asal Kecamatan Jatirogo mengungkapkan dia dapat membuat replika alat transportasi dalam waktu 8 hari. “Bahan bakunya dari kertas koran bekas mas, kalau satu lembar koran ini bisa dijadikan 32 linting. Untuk bahan baku pembuatan kerangka kendaraan,” terangnya Rabu, (18/11/2015) pagi.

Salah satu yang dibuat adalah kendaraan jeep jenis of road. Dia membutuhkan waktu 4 hari sampai 5 hari agar menghasilkan miniatur atau replika yang menyerupai kendaraan aslinya.

Bahan baku yang tiap unitnya dibutuhkan 5 Kg sampai 6 Kg koran bekas. “Kalau yang bahan bakunya dari kertas ini produknya ada dua. Selain replika kendaraan transportasi. Produk lainya adalah celengan namun pembuatanya berbeda,” imbuhnya.

Selain produk yang diolah dari berbagai bentuk kertas, kerajinan para warga binaan juga dapat membuat mebelair maupun aksesoris lainya.

Mereka yang telaten menggeluti aktivitas ini biasanya warga binaan yang mendapat putusan hakim dalam waktu lama. Atau mereka yang terlibat kasus-kasus berat sehingga hakim memutuskan hukuman dalam waktu lama.

“Selama ini untuk proses penjualanya melalui berbagai event pameran industri. Serta melalui online, kalau yang laku keras miniatur kendaraan roda dua. Serta aksesoris dan merchandise,” jelas Kasubsi Kegiatan Kerja Lapas Tuban, Edi Sukarta. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author