Published On: Jum, Des 30th, 2016

Warga Jetak Puas Dengan Transparansi Dan Pembangunan Desa

seputartuban.com, MONTONG – Pemerintah Desa (Pemdes) Jetak, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, menekankan pentingnya transparansi program desa dan penggunaan Dana Desa (DD) dan keuangan Desa lainnya kepada masyarakat. Komitmen itu tertuang dalam anggaran desa yang mengalokasikan dana serta program terkait publikasi pengelolaan anggaran desa.

Kepala Desa Jetak, Moh Zuhri Ali, SH

Diantaranya, Pemdes Jetak memasang informasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) dalam beberapa banner ukuran besar yang terpasang di beberapa sudut di pinggir jalan desa. Hingga mengadakan musyawarah desa (Musdes) secara terbuka terkait program desa dan pengelolaan anggaran desa, Sehingga masyarakat mudah mengetahui dan memahami program dan keuangan desa.

Kepala Desa (Kades) Jetak, Moh Zuhri Ali, menyampaikan bahwa menyebarkan informasi terkait pemerintahan secara tertulis ditegaskan dalam pasal 27 D Undang Undang No 6 Tahun 2014 Tentang Desa memberikan dan atau menyebarkan informasi penyelenggaraan pemerintahan secara tertulis kepada masyarakat.

Sementara itu, salah satu warga dusun Ngemplak, Abd Qohar (47), mengatakan bahwa Pemdes Jetak dalam penggunaan APBDes khususnya DD sudah cukup transparan. “Baik dalam bentuk publikasi ke warga diantaranya melalui baner yang terpampang pinggir jalan maupun saat Musdes,” katanya.

Baginya warga desa berhak tahu informasi terkait program desa dan pengelolaan anggaran desanya. “Selain sebagai komitmen keterbukaan informasi publik (KIP) juga bagian dari pendidikan kepada masyarakat,” jelas pengajar sekolah dasar itu.

Warga Dusun Krajan, Suradji (50), mengatakan untuk pembangunan infrastruktur di desanya memuaskan. Dia mengaku pembangunan infrastruktur sudah baik jika dibandingkan dengan desa lainnya khususnya terkait infrastruktur jalan.

MEMBUMIKAN TRANSPARANSI : Pemdes Jetak memasang sejumlah banner di jalan desa untuk menginformasikan keuangan desa kepada warganya

“Pembangunan jalan desa yang selalu dilakukan tiap tahunnya membuat warga lebih mudah dalam melakukan aktifitasnya. Baik aktifitas pekerjaan (akses ekonomi), anak sekolah (mempermudah akses pendidikan) dan lainnya,” ujar warga bekerja sebagai petani itu.

Terbukti pemdes Jetak telah sukses melakukan pembangunan dan perbaikan infrastruktur. Perbaikan infrastruktur jalan meliputi, pemeliharaan jalan lingkungan dengan pengaspalan hotmik sepanjang 175 meter di Dusun Ngemplak, Rukun Tetangga (RT) 15 Rukun Warga (RW) 02. Pengaspalan hotmik pada jalan lingkungan Dusun Krajan RT 07 RW 01 sepanjang 60 meter.

Pembangunan jalan makadam di Dusun Krajan RT 09 RW 01, pengerasan jalan makadam atau lapen jalan lingkungan Dusun Kebonagung  RT 17 RW 03 dan RT 20 RW 03. Pengerasan jalan makadam atau lapen jalan lingkungan Dusun Kerokan RT 21 RW 04 dan Dusun Boropetung RT 29 RW 05. Serta pembangunan saluran air kawasan jalan di RT 03 RW 01 Dusun Krajan. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author