Published On: Rab, Sep 16th, 2015

Wagub Jatim; Jangan Anak Tirikan Nelayan

TUBAN

Saifullah Yusuf : "Nelayan harus membuat koperasi, dan sedang kita pikirkan asuransi bagi mereka"

Saifullah Yusuf : “Nelayan harus membuat koperasi, dan sedang kita pikirkan asuransi bagi mereka”

seputartuban.com – Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf mengharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban memperhatikan kesejahteraan para nelayan. Hal itu disampaikan saat menghadiri acara Festival Nelayan Tuban, Selasa (15/09/2015) di Gedung Olahraga Anoraga Tuban.

Sesuai data di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) kemiskinan tidak hanya pada masyarakat kalangan pengangguran, buruh, petani, tetapi banyak diantaranya kalangan nelayan. Sehingga pemerintah daerah juga harus memperhatikan kesejahteraanya.

“Petani memang masih banyak yang perlu diurus, tetapi kita bandingkan dengan petani, nelayan agak sedikit tertinggal,” ungkap Gus Ipul.

Untuk meningkatkan kesejahteraanya, Wagub meminta agar nelayan membentuk koperasi. Sehingga mereka tidak dimanfaatkan oleh para tengkulak ikan yang dapat memainkan harga demi keuntungan pribadi.

Saran lainya adalah agar nelayan juga didaftarkan asuransi. Jika saja saat melaut terjadi kecelakaan, mendapat jaminan keluarganya. Sedangkan upaya pemerintah provinsi Jatim yang sudah dilakukan adalah dengan memberikan bantuan rumah layak huni kerjasama dengan TNI AL. “Nelayan harus membuat koperasi, dan sedang kita pikirkan asuransi bagi mereka,” sambungnya.

Di Jawa Timur kurang lebih 260 ribu nelayan kondisi rumahnya tidak layak huni. Untuk itu disediakan anggaran Rp. 15 miliar untuk program renovasi rumah. Dengan rincian anggaran tiap rumah Rp. 7,5 juta.

Sementara itu, Bupati Tuban, Fathul Huda dalam mengatakan Pemkab Tuban sudah melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan kesejahteraan para nelayan Tuban. Diantaranya pembuatan apartemen ikan, bantuan alat tangkap ikan dan perahu. “Kita terus berupaya mendukung peningkatan kesejahteraan para nelayan yang ada di Tuban,” tegas Bupati. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author