Published On: Rab, Nov 25th, 2015

Wagub Jatim; Cukup 4 Perusahaan Semen Saja Pak Sekda

TUBAN

PENYEMANGAT : Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf secara simbolis melakukan penanaman pohon

PENYEMANGAT : Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf secara simbolis melakukan penanaman pohon

seputartuban.com – Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf berharap agar perusahaan pabrik semen di Kabupaten Tuban cukup 4 saja. Hal itu disampaikan pada saat menghadiri pelantikan Pengurus PWI Tuban yang bertempat di Desa Temandang, Kecamatan Merakurak, Selasa (24/11/2015).

Selain 2 perusahaan semen yang saat ini sudah berdiri, direncanakan di wilayah Kabupaten Tuban akan berdiri 2 lagi perusahaan lagi. Dua perusahaan itu adalah PT. Abadi Cement yang rencananya akan berdiri di Desa Sugihan, Kecamatan Merakurak dan PT. Unimine Indonesia (PT. UI) yang akan berdiri di wilayah Kecamatan Tambakboyo.

Saat ini 2 perusahaan itu sudah direstui Pemkab Tuban. Sedangkan ijin tambang arus diajukan ke Pemerintah Provinsi Jatim. Gus Ipul juga mengaku tidak tahu ada 2 perusahaan semen baru dan sudah mendapat restu dari Pemab Tuban.

“Harus tetap mendapatkan rekomendasi dari Pemerintah Kabupaten. Kalau sudah dapat ijin ya gimana, kalau saya tidak saya ijinkan. Sudah pak sekda sudah cukup. Menurut saya jangan diijinkan lagi. Kalau menurut saya udah cukup. Tuban cukup sudah cukup 4 perusahaan semen saja,” tegasnya.

Menurut Wakil Gubernur yang juga mantan wartawan itu mengungkapkan 2 perusahaan semen di  Tuban saat ini sudah dapat mencukupi kebutuhan. Apalagi ditambah 2 perusahaan lagi. Atas pertimbangan itu dan kelestarian hutan, Wagup meminta Pemkab Tuban tidak mengijinkan perusahaan semen lagi beroperasi di Tuban.

Diketahui, saat ini Pemerintah Provinsi Jatim sedang menangani perijinan penambangan lebih dari 900 pemohon, sedangkan yang sudah diproses ada sekitar 500 pemohon. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author