Published On: Kam, Feb 21st, 2019

Wabup Tuban Dalam HPN; Inilah Peran Penting Pers

seputartuban.com, TUBAN – Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, menghadiri Tasyakuran dan Santunan Yatim Piatu Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2019 yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tuban, Rabu (20/02/2019). Bertempat di Sekretariat PWI Kabupaten Tuban, kegiatan ini juga dihadiri perwakilan Forkopimda, perusahaan, yatim piatu, serta wartawan se-Kabupaten Tuban.

Mengawali sambutannya, Wabup menyampaikan apresiasi atas berbagai kegiatan yang diadakan PWI Tuban. Peringatan HPN, lanjut Wabup, menjadi momen untuk muhasabah atau evaluasi diri atas berbagai capaian dan program yang telah dijalankan PWI Tuban selama ini.

HARMONIS : Ketua PWI Kabupaten Tuban, Pipiet Wibawanto menyerahkan potongan tumpeng kepada Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein.

Wabup menerangkan bahwa pada era kemerdekaan pers ikut berjuang memperoleh kemerdekaan. Usai era kemerdekaan, insan pers terus berkontribusi dalam mengisi kemerdekaan dengan caranya dan analisis kritisnya. Sejak dulu pers telah berkontribusi pada negara Indonesia. “Oleh karena itu, pers di Tuban juga dapat terus bersinergi dengan Pemkab, instansi lain maupun perusahaan dalam rangka mewujudkan keadilan bagi masyarakat”, ungkapnya.

Di samping itu, peran pers harus dapat menginspirasi dan memotivasi masyarakat untuk senantiasa meningkatkan kualitas hidupnya. Tidak hanya itu, pers ikut berperan dalam mengedukasi masyarakat terkait perkembangan zaman. Sehingga masyarakat dapat beradaptasi dengan perkembangan yang ada.

Lebih lanjut, Wabup dua periode itu menyatakan bahwa kebebasan pers yang dijamin UU Pers. Dapatnya dimanfaatkan dengan benar dan bertanggung jawab. Bila ada sesuatu yang tidak benar, maka pers dapat melakukan kritik. “Juga dapat masukan dan pertimbangan kepada Pemkab maupun institusi lain guna memperjuangkan keadilan dan kesejahteraan rakyat”, imbuh Wabup.

Memasuki Revolusi 4.0, tantangan pers kedepan juga semakin berat. Karenanya, pers dituntut untuk dapat memanfaatkan kemajuan teknologi guna meningkatkan kemampuan dirinya. “Dinamika masyarakat yang begitu cepat berubah harus mampu ditangkap pers, tanpa mengabaikan kode etik jurnalitik”, tegas Wabup.

Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Tuban, Pipit Wibawanto, menyampaikan bahwa independensi dan kekritisan pers harus tetap dijunjung tinggi. Pers juga harus mampu beradaptasi dengan perubahan tapi tidak terbawa arus. “Mengutip pernyataan wartawan senior, Jacob Utama, seorang pers harus kritis. Mampu menyentuh kalangan elit tapi tidak bersikap elitis”, ujarnya.

Pipit menegaskan bahwa pers akan terus mengawal tegaknya demokrasi karena pers menjadi pilar keempat demokrasi. Pers juga terus bersinergi dengan pemerintah demi mewujudkan keadilan dan kesejahteraan rakyat. Kedepannya, pers diharapkan terus berkembang sehingga aspirasi masyarakat dapat terakomodir dengan lebih baik lagi.

Pada peringatan HPN 2019, PWI Tuban menyelenggarakan beberapa kegiatan diantaranya donor darah, bersih pantai, dan futsal bersama Pemkab, instansi pemerintah lain, serta perusahaan. RLS/RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author




Videos