Published On: Sab, Agu 10th, 2019

Wabub Tuban Sayangkan PHE TEJ Masih Minim Sosialisasi

seputartuban.com, TUBAN – Survei Seismik 3D, yang dilakukan oleh PT Pertamina Hulu Energi Tuban East Java (PHE TEJ) di 10 kecamatan wilayah Kabupaten Tuban, menuai protes dari warga. Setidaknya terjadi di wilayah Kecamatan Merakurak dan Kecamatan Kerek. Pekerjaan mereka menuai polemik ditengah masyarakat.

Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein

Diantaranya soal sosialisasi pemasangan patok juga masih dikeluhkan masyarakat. Karena mereka dianggap memasang patok, bahkan bekerja di lahan warga tanpa sosialisasi dan izin. Selain protes juga terjadi pengusiran pekerja, seperti yang terjadi di Dusun Koro, Desa Pongpongan, Kecamatan Merakurak, Kab. Tuban.

Menanggapi kondisi itu, Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein menyayangkan masih kurangnya sosialisasi PHE TEJ kepada masyarakat. “Mungkin dalam sosialisasi itu, masyarakat tidak tau atau mungkin tidak hadir. Akan tetapi secara etika harus ada izin terlebih dahulu kepada pemilik lahan,” katanya, Jumat (9/8/2019).

Wabup menambahkan pihak PT PHE TEJ sudah diingatkan olehnya. Sebelum melakukan pekerjaanya agar melakukan sosialisasi, karena rawan terjadi polemik warga. “Maka dari itu, sosialisasi sangat di butuhkan agar nantinya tidak terjadi tumpang tindih informasi,” imbuhnya.

Pelaksanaan survey seismik sudah memiliki aturan jelas. Apalagi perusahaan negara, sehingga uang yang digunakan juga uang negara. Maka menurut Wabup seluruh kegiatan PT PHE TEJ harus bertanggung jawab.

Jika ada objek fisik mengalami kerusakan, maka wajib diberikan kompensasi. “Kalaupun tanahnya belum ada tanamannya , harus tetal ada kompensasinya. Akan tetapi kompensasinya akan berbeda dengan yang ada tanamannya,” jelasnya.

Wabub dua periode itu juga menegaskan,untuk kebutuhan
Bahab Bakar Minyak ( BBM) nasional juga begitu terus meningkat. Jika dari hasil survei seismik ditemukan cadangan minyak di Kabupaten Tuban, maka akan sangat membantu. Bagi pendapatan daerah melalui sektor migas, penyerapan tenaga kerja lokal hingga kepentingan nasional. “Maka dari itu, kita akan selalu mendorong dengan sungguh – sungguh untuk mencari titik dan sumber migasnya,” pungkasnya. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

komentar dengan santun

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Berita Terkini

Videos