Published On: Sen, Sep 28th, 2015

Wabub Tuban Akan Pecat Kasek Tak Peka Siswa

TUBAN

wabup____warningseputartuban.com-Maraknya kasus seks bebas yang melibatkan pelajar di wilayah Kabupaten Tuban membuat Wakil Bupati Noor Nahar Hussein gerah.

Bahkan dengan tegas dia mengancam akan memecat kepala sekolah (kasek) yang tidak merespon laporan masyarakat terkait perubahan perilaku siswa, yang berpotensi terjadinya tindakan asisila.

Untuk mencegah perilaku asusila di kalangan pelajar, Wakil Bupati Tuban mengimbau kepada masyarakat untuk segera melapor ke pihak sekolah jika melihat gejala perilaku siswa yang mengarah pada kehdipans seks bebas.

“Peran serta masyarakat sangat penting. Jika masyarakat mengetahui adanya tindakan asusila laporkan saja kepada aparat atau pihak sekolah. Bila pihak sekolah tidak merespon maka kepala sekolahnya akan kita pecat,” ungkap Noor Nahar kepada seputartuban.com, Senin (28/09/2015) siang.

Namun begitu, menurut dia, pada sisi lain para orang tua harus selalu memantau perkembangan dan perubahan perilaku anak-anaknya ketika di rumah.

“Sebab persoalan mendidik anak bukan semata-mata tanggung jawab sekolah,” tegas wakil bupati kelahiran Desa Rengek ini.

Menurut Noor Nahar, para orang tua juga harus peka terhadap kejadian dan perilaku perangai anak-anaknya. Jika hal itu bisa terpantau secara rutin tentu bisa dicegah sejak dini.

“Karena mayoritas kejadian ini (seks bebas) peristiwanya di luar jam sekolah perlu adanya peran serta dari orang tua,” katanya.

Noor Nahar menjelaskan, salah satu pemicu terjadinya kasus seks bebas adalah perkembangan teknologi yang semakin canggih, tetapi orang tua tidak paham hal itu. Sehingga banyak kaum remaja yang bebas bergaul tanpa sepengetahuan dari orang tuanya.

Pada sisi lain, Pemkab Tuban berjanji akan meningkatkan peran serta dari dinas terkait serta lembaga-lembaga yang berkopemten.

“Kita akan menggencarkan pembinaan dan sosialisasi terhadap orang tua agar mengetahui secara dini perubahan perilaku yang dialami anaknya,” tandas dia.

Bedasarkan catatan seputartuban.com, sepanjang tahun 2013 adan sebanyak 30 kasus asusila yang melibatkan pelajar, 2014 sebanyak 27 kasus dan hingga September 2015 sudah ada 26 kasus yang ditangani oleh Polres Tuban. Itu belum termasuk kasus-kasus yang tidak dilaporkan ke aparat kepolisian. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. wonk soko berkata:

    mestinya wabup g usah nyalahin kepala sekolah hrusnya mengevaluasi segala program pemerintah yg berkenaan dengan pendidikan karakter anak,Tuban yg dengan bangga mengatakn sbgai kota wali dengan adanya tindakan asusila yg smakin meningkat membuktikan itu hnya sekedar slogan saja!selama ini pemkab kurang dekat dengan rakyat khususnya orang tua siswa,bahkn program2 pendidikan terkesan stagnan,bahkn pemkab hnya pandai mengucapkan slogan Tuban kota wali tanpa memberi solusi problem pendidikan yg ada di tingkat bawah!pemimpin yg selalu menyalahkan atau mencari kambing hitam adalah ciri pemimpin yg gagal!