Published On: Rab, Nov 28th, 2012

Verifikasi Faktual, Ditemukan 5 Parpol Bermasalah

Share This
Tags

Penulis : Muhaimin

TUBAN

seputartuban.com – Verifikasi faktual Partai Politik (Parpol) di Kabupaten Tuban yang akan menjadi peserta Pemilu mendatang ditemukan masalah. Yakni 4 Parpol dinyatakan tidak memenuhi syarat minimal jumlah keanggotaan. Dan satu partai lainya menyatakan diri tidak siap mengikuti verifikasi. Sedangkan 11 Parpol lainya tidak didapati masalah dalam verifikasi ini.

Ketua Panwaslu Kabupaten Tuban, Sulamul Hadi, saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Selasa (27/11/2012) mengatakan dari ke-empat masing-masing Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) belum memenuhi jumlah minimal keanggotaan.

Sedangkan Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru (PKBIB) selain kurang keanggotaan juga surat-suratnya tidak bersetempel basah. Sementara Partai Demokrasi Pembaruan (PDP) sejak awal sudah menyatakan diri tidak siap mengikuti verifikasi faktual yang akan dilakukan KPU Tuban.

“suratnya dikirim oleh KPU kepada Ketua Partai dan Panwas. Dan yang masih belum memenuhi syarat minimal masih ada kesempatan membenahinya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Sulamul Hadi mengungkapkan, bagi Parpol yang belum mencukupi batas minimal keanggotaan. Sampai 23 Desember 2012 dapat melakukan perbaikan dengan menambah jumlah anggota. Sehingga pada 4 sampai 7 Desember akan dilakukan verifikasi faktual ulang.

Untuk memastikan hasil verifikasi ini, Panwalu Kabupaten Tuban sudah mengirimkan surat resmi ke KPU. Yakni meminta data pendukung bahan verifikasi.

“kita hanya diberi berita acaranya saja, dan kita sudah minta katanya sudah disiapkan. Kita perlu tahu bahan untuk membuat keputusan itu bagaimana. Ini bagian dari transparansi penyelenggara Pemilu. Dan saya berharap pihak-pihak terkait dapat bekerjasama dengan baik dengan KPU dan Panwas,” ungkapnya.

Facebook Comments

About the Author

Videos