Published On: Sel, Jun 16th, 2015

Verifikasi Calon Perseorangan “Diujung Tanduk”

TUBAN

Ketua KPUD Tuban, Kasmuri

Ketua KPUD Tuban, Kasmuri

seputartuban.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), Kabupaten Tuban, Senin (15/06/2015) malam melakukan verifikasi berkas dukungan calon perseorangan pasangan Zakky Mahbub dan Dwi Susantin Budiarti. Pasangan ini mengirimkan berkas 80 ribu dukungan masyarakat.

Ketua KPUD Kab. Tuban, Kasmuri mengatakan pihaknya bekerja ekstra semalam untuk menuntaskan verifikasi dukungan. “Malam ini akan kita tuntaskan untuk verifikasi dukungan dan kita sampaikan hasilnya,” katanya (15/06/2015).

Jika hasil verifikasi, pasangan calon independen ini tidak memenuhi persyaratan, maka dimungkinkan tidak dapat mencalonkan.Karena berkas yang kurang harus dipenuhi langsung. Namun jika seluruh berkas memenuhi syarat, maka pasangan ini dapat lolos menjadi calon Bupati dan Wakil Bupati. “Kalau malam ini tidak bisa melengkapi kekurangan dukungan, maka mereka dinyatakan tidak lolos,” sambungnya.

Berdasarkan PKPU nomor 9 tahun 2015, persyaratan calon kepala daerah independen atau perorangan harus memperoleh dukungan minimal 7,5 persen masyarakat. Sedangkan calon yang diusung oleh Parpol dengan dukungan sebesar 20 persen dari jumlah kursi DPRD ditiap daerah.

Syarat ini lebih berat dibanding Pilkada lalu, berdasarkan PKPU nomor 13 tahun 2010, persyaratan untuk calon independen untuk daerah dengan jumlah penduduk 500 ribu jiwa sampai 1 juta jiwa, minimal dukungan yang dibutuhkan 4 persen. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author