Published On: Sen, Sep 22nd, 2014

Usulan Pembangunan Jalan Desa Diabaikan Pemkab Tuban

Share This
Tags

SOKO

DIRESAHKAN WARGA : Kondisi jalan sangat berdebu saat kemarau melanda

DIRESAHKAN WARGA : Kondisi jalan sangat berdebu saat kemarau melanda

seputartuban.com – Kondisi jalan poros Desa Mojoagung, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban dikeluhkan warga. Pasalnya jalan sepanjang 2,5 KM tersebut sibuk dilalui kendaraan roda 4 maupun roda 2. Karena kondisi badan jalan hanya memakai bahan tanah uruk, dan kondisi kemarau menyebabkan debu beterbangan. Sedangkan saat musim hujan, kondisi jalan ini menjadi becek, sehingga sangat menyulitkan warga yang melintas.

Jalan ini padat dilalui warga karena menjadi jalur utama desa setempat. Saat musim kemarau ini rumah warga maupun sekolahan diselimuti debu karena terhempas angin saat kendaraan melintas. “Saya khawatir menyebabkan sesak nafas, khususnya anak-anak. Selain itu jelas mengotori rumah. Kalau musim hujan juga sama repotnya karena kondisi jalanya sangat becek,” ungkap salah seorang warga.

Menanggapi hal ini, Sekretaris Desa Mojoagung, Asro, mengungkapkan bahwa pihak pemerintah desa sudah berupaya maksimal untuk perbaikan jalan ini. Diantaranya sudah mengusulkan kepada pemerintah Kabupaten Tuban melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan di Kecamatan dan Kabupaten Tuban sejak 2008. Namun nyatanya sampai sekarang belum ada tanggapan.

“Sebelumnya jalan ini diaspal, karena kebanjiran tahun 2008 jadi rusak. Sehingga pemerintah desa meninggakan dengan menggunakan pedel pakai uang desa senilai Rp. 400 juta. Tujuanya agar jalanya tinggi sekaligus jadi tanggul bengawan solo, agar saat banjir tidak menggenangi sawah. Sudah kami ajukan tapi belum ada tanggapan,” tegasnya, Senin (22/09/2014).

Lebih lanjut Sekdes juga menjelaskan bahwa program pembangunan yang telah diajukan adalah pengaspalan jalan. Serta pembangunan tembok penahan tanah badan jalan agar tidak longsor saat banjir melanda. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author