Published On: Sel, Apr 15th, 2014

Usai Ziarah Makam, Siap Mengikuti UN Dengan Tenang

Share This
Tags

JENU

seputartuban.com – Banyak cara dilakukan para pelajar agar siap lahir dan batin mengikuti Ujian Nasional (UN). Salah satunya dengan berziarah di makam keluarga hingga ke makam para Waliyullah.

UN LEBIH TENANG : Berziarah ke makam keluarga dan Waliyullah sebuah pendekatan spiritual agar dapat mengikuti UN dengan tenang

UN LEBIH TENANG : Berziarah ke makam keluarga dan Waliyullah sebuah pendekatan spiritual agar dapat mengikuti UN dengan tenang

Seperti yang dilakukan oleh Saifuddin (16), warga Desa Wadung, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban ini. Dia berziarah di makam keluarganya di desa setempat, Minggu (13/4/2014). Dengan meminta restu keluarganya yang sudah meninggal, membuat pelajar SMK ini merasa tenang. Dia melakukan hal ini atas saran dari kedua orang tuanya. “Ini budaya keluarga saya, dari orang tua disarankan untuk ziarah di makam keluarga,” katanya.

Hal yang sama juga dilakukan, Siswo Andik S (17), warga desa yang sama. Pelajar kelas IX ini juga berdoa di makam kedua orang tuanya. Dia bermaksud meminta restu agar mendapat kemudahan saat mengikuti UN. “Kepada kedua orang tua itu wajib, setelah itu minta ijin dan restu guru. Belajar merupakan usaha, jujur itu relatif, yang penting tidak menyontek dan membeli naskah UN itu sudah bagus,” ungkapnya.

Sementara itu, Mohammad N (29), guru kedua pelajar ini saat dikonfirmasi mengatakan bahwa berdoa wajib hukumnya. Tempat dan caranya sangat banyak, seperti bertawassul (melalui perantara) ini salah satunya.

Hal ini bisa mengajarkan siswa dalam mendekatkan diri kepada yang maha kuasa. Terkait hasil UN, siswa akan dilatih untuk tawakkal atau pasarah. “Yang penting sudah diajarkan sekolah, berdoa sudah, tinggal menunggu hasilnya. Semoga bisa tercapai apa yang diminta, ” ungkapnya. (han)

Facebook Comments

About the Author