Published On: Sab, Feb 8th, 2014

Usai Sengketa, Akhirnya Dua Kades Dilantik Bupati

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Dua Kepala Desa (Kades) terpilih yang sebelumnya setelah Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) beberapa waktu lalu terjadi masalah. Akhirnya dilantik Bupati Tuban, digedung Korpri Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, Jum’at (7/2/2014).

Kades dilantik

DISUMPAH : Kades Simo dan Kades Kumpulrejo dilantik Bupati Tuban

Kepala pemerintahan desa yang melaksanakan sumpah jabatan adalah Kades Simo, Kecamatan Soko, Ahmad Hadi dan Kades Kumpulrejo, Kecamatan Bangilan, Ahmad Ihsan. Ditundanya kedua Kades terpilih ini dilantik karena terjadi masalah didesanya usai Pilkades beberapa waktu lalu.

Bahkan Kades Simo terpilih menggugat Bupati Tuban di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Surabaya. Pada 19 Deseber 2013 gugatan tersebut dikabulkan hakim, akhirnya hasil putusan ini dipakai Bupati Tuban untuk melantik.

Bupati Tuban, H. Fathul Huda diwawancarai usai melantik mengatakan salah satu Kades terpilih terdapat masalah keabsahan kependudukanya sesuai syarat pencalonan Pilkades. “Karena ada sedikit sengketa dan minat diselesaikan secara hukum. Saat inikan sudah ada keputusan dari pengadilan ya langsung kita lantik,” tegas Bupati.

Pelantikan kedua Kades ini sesuai Surat Keputusan Bupati Tuban nomor 188.45/01/KPTS/414.106/2014 dan nomor 188.45/06/KPTS/414.106/2014  tentang pemberhentian dan pengangkatan Kepala Desa, tertanggal 10 Januari 2014.

“Sebenarnya pelantikan ini akan kita lakukan tanggal 10 Januari 2014 kemarin. Karena ada acara yang tidak bisa saya tinggalkan, akhirnya kita undur dan hari ini bisa kita laksanakan,” ungkap Bupati. (lis)

Facebook Comments

About the Author