Published On: Sen, Feb 18th, 2019

Usai Gabung Semen Indonesia, Ini Nama dan Perubahan Baru Holcim

seputartuban.com – Sesuai hasil press release yang diterima seputartuban.com, usai akuisisi saham mayoritas PT Holcim Indonesia Tbk yang transaksinya telah ditutup pada 31 Januari 2019 yang lalu berdambak terhadap sejumlah perubahaan di perusahaan asal swis tersebut. Dari hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) (11/2/2019) PT Holcim Indonesia Tbk, para pemegang saham menyetujui sejumlah hal.

Yakni penggantian nama perusahaan dari sebelumnya PT Holcim Indonesia Tbk, menjadi PT Solusi Bangun Indonesia Tbk. Kemudian dua anak perusahaan yaitu PT Holcim Beton dan PT Lafarge Cement Indonesia, berganti nama menjadi PT Solusi Bangun Beton dan PT Solusi Bangun Andalas. Selanjutnya perubahan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Perusahaan.

ilustrasi

Serta penunjukkan Dewan Komisaris yaitu Fadjar Judisiawan selaku Presiden Komisaris, Adi Munandir selaku Komisaris, Noriega Malave Francisco selaku Komisaris Independen. Sedangkan  Direksi yang ditunjuk Aulia Mulki Oemar selaku Presiden Direktur, Agung Wiharto selaku Direktur, Lilik Unggul Raharjo selaku Direktur Independen.

Sedangkan arah dasar perusahaan kedepan akan memperluas jaringan pabrik semen di dalam negeri. Memperluas diversifikasi jenis produk yang ditawarkan. Meningkatkan efisiensi, khususnya biaya distribusi dan bahan baku. Memperkuat posisi bisnis ready mix dengan berbagai variasi produk dan solusi, serta memperkuat sinergi di berbagai bidang untuk meningkatkan efisiensi.

PT Solusi Bangun Indonesia Tbk adalah sebuah perusahaan publik Indonesia dimana mayoritas sahamnya (80,65%) dimiliki dan dikelola oleh PT Semen Indonesia Industri Bangunan (SIIB). Bagian dari Semen Indonesia Group – produsen semen terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara dengan total kapasitas produksi 45 juta ton semen per tahun.

PT Solusi Bangun Indonesia Tbk menjalankan usaha yang terintegrasi terdiri dari semen, beton siap pakai, dan produksi agregat. Perusahaan mengoperasikan empat pabrik semen masing-masing di Narogong, Jawa Barat, Cilacap, Jawa Tengah, Tuban di Jawa Timur dan Lhoknga, Aceh dengan total kapasitas gabungan per tahun 15 juta ton semen, dan mempekerjakan lebih dari 2,500 orang. PT Solusi Bangun Indonesia Tbk saat ini mengoperasikan jaringan penyedia bahan bangunan yang mencakup distributor khusus, toko bangunan, ahli bangunan binaan perusahaan dan solusi-solusi bernilai tambah lainnya.

Diketahui, Surat Keterbukaan Informasi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (“Perseroan”) No. 0010919/KS.07/SUP/50045147/2000/11.2018, tertanggal 13 November 2018, perihal pengumuman negosiasi sehubungan dengan rencana pengambilalihan Holcim Indonesia Tbk. Pada tanggal 31 Januari 2019, telah dilaksanakan closing pengambilalihan saham Holderfin B.V. yang ditempatkan dan disetor di PT Holcim Indonesia Tbk.

Pengambilalihan tersebut dilakukan oleh anak usaha Perseroan, yaitu PT Semen Indonesia Industri Bangunan (“SIIB”), sehingga menyebabkan perubahan pengendalian terhadap PT Holcim Indonesia Tbk. Terkait pengambilalihan tersebut, jumlah saham yang dibeli sebesar Rp. 6.179.612.820 (enam miliar seratus tujuh puluh sembilan juta enam ratus dua belas ribu delapan ratus dua puluh).

Harga per saham atas saham yang dibeli Rp.2.097,- (dua ribu sembilan puluh tujuh Rupiah). Total harga pembelian Rp.12.958.648.083.540 (dua belas triliun sembilan ratus lima puluh delapan miliar enam ratus empat puluh delapan juta delapan puluh tiga ribu lima ratus empat puluh Rupiah). Dengan total kepemilikan saham 80,64% (delapan puluh koma enam puluh empat persen) dengan tanggal pengambilalihan saham pada 31 Januari 2019. NAL

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author




Videos