Published On: Sen, Okt 22nd, 2012

Usai Dikejar Dua Jam, Perampas Emas Dibekuk

Share This
Tags

Penulis : Pito Suwarsono

TUBAN

seputartuban.com – Seorang pelaku perampasan perhiasan berhasil dibekuk jajaran Polres Tuban, Senin (22/10/2012) setelah dikejar selama 2 jam. Sedangkan 2 pelaku lainya berhasil melarikan diri, meski sebelumnya sempat terdesak dikebun blimbing.

Peristiwa ini bermula saat korban bernama Suparti (57), warga Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban ditanya pengemudi mobil yang sedang melintas. Namun lantaran lengah, pengendara mobil tersebut ternyata merampas perhiasan kalung dan gelang yang dipakai korban. Lalau para pelaku kabur kaerah timur jalan pantura.

Mengalami hal ini korban langsung melaporkan kejadian ini ke Mapolsek Tambakboyo. Setelah mendapat laporan ini, kemudian dikoordinasikan dengan personil di Mapolres Tuban untuk melakukan pengejaran.

Personil Sat lantas dan Sat Sabhara dikerahkan untuk memburu pelaku. Upaya penangkapan dilakukan mulai dari merazia kendaraan umum hingga memeriksa kendaraan yang curigakan. Dan mobil pelaku diketahui melintas di perumahan Tasikmadu, Kecamatan Palang, Tuban.

Mobil Suzuki Swift L 1595 PG berpenumpang 3 orang tersebut kemudian dikejar polisi yang sedang melintas didekatnya. Dan saat dihadang, sejumlah polisi nyaris ditabrak pelaku. Kemudian merasa terdesak dan masuk ke perkampungan warga hingga berhenti di kebun blimbing.

Mobil pelaku ditinggalkan begitu saja di tengah-tengah Kebun Blimbing, polisi bersama warga langsung mengejar ke-tiga pelaku yang kabur. Upaya warga selain memburu langsung juga disiarkan melalui pengeras suara mushola setempat, yakni jika warga mengetahui orang tidak dikenal diharapkan diamankan.

Selang beberapa saat kemudian, seorang terduga pelaku bernama sutrisno (40), warga Caruban, Madiun berhasil ditangkap petugas saat menaiki angkot yang hendak menuju Lamongan. Dan emas hasil rampasanya didapati dalam celana dalamnya. Sedangkan dua pelaku lainya berhasil melarikan diri, dan masih dalam pengejaran petugas.

Kasat Reskrim Polres Tuban, AKP Arief Kristanto menjelaskan bahwa selain terduga pelaku juga sebuah mobil diamankan. “kejadianya sekitar jam 1 siang, terus jam 3 berhasil diamankan seorang pelaku. Sedangkan dua lainya datanya sudah miliki dan masih dalam pengejaran,” jelasnya.

Diketahui, pelaku perampasan ini sebelumnya melakukan perjalanan dari Jogjakarta. Hal ini diketahui dari bagasi mobil ditemukan sejumlah kaos baru merek kota Gudeg tersebut. Selain itu, kawanan ini sempat mencari korban dalam perjalanan ke Jawa Timur, dan dikawasan Tambakboyo baru aksinya dilakukan. Dan salah seorang pelaku yang diamankan merupakan residivis kasus yang sama.

Foto : Mobil pelaku perampasan saat ditinggalkan dikebun blimbing, dan terduga pelaku saat di Mapolres Tuban.

Facebook Comments

About the Author