Published On: Sel, Apr 9th, 2013

Usai Banjir Siwa Bolos Sekolah

Share This
Tags

TUBAN

BOLOS : Siswa banyak yang tidak masuk sekolah

BOLOS : Siswa SDN 1 Sumurgung banyak yang tidak masuk sekolah

seputartuban.com – Banjir yang melanda kawasan Desa Sumurgung, Kecamatan/Kabupaten Tuban, membuat ratusan rumah dan sekolahan terendam banjir. Hal ini mengakibatkan beberapa siswa Sekolah Dasar (SD) banyak yang tidak masuk sekolah.

Siswa bolos sekolah, disebabkan karena rumahnya masih kotor terkena lumpur banjir. Mereka membantu orang tuanya membersihkan rumah. Selain itu juga beberapa wali murid tidak tega anaknya masuk sekolah. Karena kondisi jalan dan lingkungan usai banjir. Selain itu sekolah meliburkan siswa kelas 1,2 dan 3. Karena kelas 6 sedang menjalani ujian sekolah.

Salah satu sekolah yang diliburkan oleh gurunya, adalah Sekolah Dasar Negeri 1 (SDN) Sumurgung. Kepala Sekolah, Mukhlasin saat dikonfirmasi, Senin (08/04/2013) mengatakan, pihaknya sengaja meliburkan siswa kelas 1, 2 dan 3.

Hal ini untuk menjaga ketenangan, kelas 6 dalam melaksanakan ujian sekolah. Libur siswa bukan karena sekolahnya tidak bisa digunakan pembelajaran. Namun memang kebijakan sekolah. “Bukan karena banjir di sekolahan, orang tua wali murid banyak yang membersihkan rumahnya. Kita liburkan untuk kelas kecil, itu kebijakan, ” katanya.

Sementara itu, Taman Kanak-Kanak (TK) di desa setempat dilburkan. Menurut salah satu wali murid Safitri, mengatakan libur sekolah diinformasikan kepada wali murid setelah dilanda banjir. “Memang malamnya itu banjir sedikit, terus diliburkan. Biasanya anak malah mainan air, ” ujarnya.

Terpisah, Kabid TK/ SD Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), Pemkab Tuban, Sutarno mengatakan pihaknya belum mendapat laporan terkait libur pembelajaran siswa. Menurutnya, bolos siswa ini banyak disebabkan karena faktor dari wali murid.

“Saya malah mendapat informasi kalau siswa diliburkan. Mungkin itu siswa bolos karena dikira sekolahannya banjir, ” ungkapnya.

Diketahui untuk jumlah siswa di SDN Sumurgung 1 sebanyak 130 siswa. Untuk Kelas 1 sejumlah 33 siswa, Kelas 2 sejumalh 12 siswa, Kelas 3 sebanyak 18 siswa. Untuk Kelas 4 sebanyak 19 siswa, Kelas 5 sebanyak 19 siswa. Sedangkan kelas 6 sebanyak 29 siswa. (han)

Facebook Comments

About the Author