Published On: Kam, Apr 14th, 2016

Urai Kemacetan, Perlebar Marka Jalan Basuki Rachmat

TUBAN

REKAYASA LALIN : Solusi Sat Lantas Polres Tuban melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengurangi kemacetan di jalan Basuki Rachmat

REKAYASA LALIN : Solusi Sat Lantas Polres Tuban melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengurangi kemacetan di jalan Basuki Rachmat

seputartuban.com – Jalan Basuki Rachmat Tuban pada jam-jam tertentu masih macet meski sudah diberlakukan sistem satu arah. Untuk itu Sat Lantas Polres Tuban akan memperlebar marka jalan pengguna jalan khususnya mobil semakin mendapat ruang lebih lebar.

Pelebaran marka jalan sebesar 80 persen kearah utara.Sedangkan pengguna jalan roda 2 dari arah barat menuju timur hanya memiliki jatah marka seluas 20 persen. Uji coba sementara yang sudah dilakukan, diantaranya dengan menerapkan segmentasinya dari simpang empat pegadaian hingga simpang tiga gardu papak. Selama 2 hari yaitu Kamis (7/4/2016) dan Jumat (8/4/2016).

Sedangkan untuk segmentasi wilayah simpang empat Sambong hingga simpang empat pegadaian, baru akan dilaksanakan Jumat (15/4/2016) dan Sabtu (16/4/2016). “Tujuanya untuk meminimalisir kemacetan dari arah timur mengingat kepadatan kendaraan terjadi hampir setiap jam-jam sibuk seperti pagi dan siang dan sore. Dimungkinkan dengan melebarnya laju jalur ini kedepanya dapat mengurai kemacetan yang terjadi,” terang Kanit Turjawali Sat Lantas Polres Tuban, IPDA Asik Syamsul Hadi.

Upaya lain yang akan dilakukan adalah dengan membatasi tempat parkir. Karena maraknya parkir liar menjadi salah satu penyebab kemacetan. Para juru parkir ilegal mengatur kendaraan yang akan dan setelah parkir tanpa mempertimbangkan arus lalu lintas.

Selain itu semakin banyak yang parkir maka pengguna jalan semakin terganggu karena berada di badan jalan. Akan dipasang rambu serta marka khusus kawasan parkir dan non parkir. Jika terdapat petugas parkir yang memarkir kendaraan tidak ditempat yang dianjurkan, maka akan ditindak tegas.

“Nantinya posisi parkir yang di izinkan hanya berada diruas jalan sabelah selatan. Untuk memaksimalkan pelaksanaan dan penertibanya dengan melibatkan pihak Dishub Tuban, Satpol PP, DLLAJ serta Dinas Pekerjaan Umum,” lanjutnya.

Faktor lain penyebab kemacetan adalah lampu traffic light berdurasi telalu lama. Tidak sebanding waktu masing-masing lampu menyala., yakni lampu warna hijau lebih singkat dibanding lainya. Rekayasa lalu lintas ini dilaksanakan dalam jangka pendek. Sedangkan Jangka panjangnya ruas jalan tersebut akan difungsikan normal lagi setelah digunakanya jalur ring road atau jalur lingkar selatan selesai . ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author