Published On: Sel, Des 23rd, 2014

Upaya Provinsi Jatim Wujudkan Keseimbangan Lingkungan

Share This
Tags

TAMBAKBOYO

HIJAUKAN ALAM : Sekretaris Daerah Propinsi Jawa Timur, Akhmad Sukardi saat melakukan penanaman pohon dilokasi acara, Selasa (23/12/2014)

HIJAUKAN ALAM : Sekretaris Daerah Propinsi Jawa Timur, Akhmad Sukardi saat melakukan penanaman pohon dilokasi acara, Selasa (23/12/2014)

seputartuban.com – Sekretaris Daerah Propinsi Jawa Timur, Akhmad Sukardi, Selasa (23/12/2014) di kawasan Pabrik PT Holcim Indonesia, Tuban menegaskan pentingnya melestarikan Puspa dan Satwa. Serta menyukseskan program penanaman 1 miliar pohon di Jatim.

Dalam acara peringatan hari menanam pohon indonesia (HMPI) dan bulan menanam nasional (BMN) serta hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (PCPSN) tahun 2014 ini, Sekda Prov. Mengatakan tanggung jawab sosial ini menjadi beban bersama.

“Kita melihat saat ini sudah banyak satwa yang punah, sehingga perlu kita lestarikannya agar puspa dan satwa tidak semakin punah. Sebab itu merupakan tanggungjawab kita bersama,” ungkapnya.

Puspa dan Satwa dapat meningkatkan ketahanan pangan. Karena dari kedua hal ini sangat berdampak luas terhadap ekosistem maupun keberlangsungan lingkungan. “Hutan lestari untuk mendukung kedaulatan pangan, air dan energi terbarukan,” imbuhnya.

Pemerintah Provinsi Jatim saat ini terus membangun kerjasama berbagai lintas sektor dalam upaya mempertahankan ekosistem serta satwa. Sejak 2009 hingga saat ini Pemprov Jatim bersama masyarakat dan kalangan usaha sudah menanam 848.783.472 batang pohon.

“Program penanaman pohon ini sudah kita lakukan melalui kerjasama dengan berbagai pihak. Seperti yang sudah kita lakukan dengan Kodam V Brawijaya sepanjang 2.500 meter ditepi jalan yang masih berjalan hingga saat ini,” ujarnya.

Selain menjaga lingkungan, keberadaan pohon-pohon tersebut juga sangat mempengaruhi iklim investasi di Jatim. Karena dari 523 industri, 428 diantaranya memerlukan bahan baku kayu dari hutan rakyat.

Sekda menghimbau kepada seluruh organisasi yang ada di Jawa Timur, agar turut serta menyukseskan program menanam pohon 1 miliar. Jika sudah menanam, diharapkan juga dapat menjaga dari serangan hama, pengerusakan oleh manusia, hewan maupun kebakaran hutan. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author