Published On: Jum, Jul 27th, 2018

Upaya Nyata PT Semen Indonesia Didik Warganet Muda Bijak Bersosmed

seputartuban.com, TUBAN – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. menggelar workshop media  sosial dengan tema “Tuban Bicara Baik” bersama 50 penggiat media sosial Sosmed) dari Kabupaten Tuban, Kabupaten Rembang, Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Bojonegoro di Ruang Sinabung, Auditorium Kantor Pusat PT Semen Gresik,  Desa Sumberarum Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Kamis (26/72018).

BIJAK BERMEDSOS : Peserta dan narasumber foto bersama usai kegiatan

Dalam workshop ini, dihadirkan sejumlah narasumber berkompeten. Yakni Dave Jephcott atau lebih dikenal sebagai Londo Kampung (Social Media Influencer), Syafiq Pontoh (Social Media Expert). Serta seorang komika, Fico Fachrezi yang turut meramaikan dan menghibur peserta dengan materi Stand Up Comedy-nya.

Para narasumber mengungkapkan bahwa penggunaan Medsos saat ini sudah menjadi kebutuhan hidup. Namun karena kurang bijak menggunakan jejaring sosial tersebut, justru akan menuai masalah. Bahkan melalui Medsos menjadi sumber masalah karena status yang kurang melanggar hukum atau penyebar berita palsu.

Sehingga diperlukan sikap bijak dalam menggunakan Medsos serta mengetahui aturan hukum dalam menggunakannya. Sehingga permasalahan tida timbul dikemudian hari. Sisi positif dan negatif penggunaan Medos juga diungkap dalam pertemuan itu.

Selain itu, puluhan peserta juga mendapatkan pengetahuan baru tentang video bloging atau vlog yang baik atau menarik bagi warganet. Sehingga dapat menjadi manfaat baru bagi diri sendiri maupun orang lain.

Kepala Biro Hubungan Media, PT  Semen Indonesia Sigit Wahono mengatakan kegiatan itu menjadi ajang media sharing dan berbagi pengetahuan bagi  warganet terutama anak muda yang ada di Tuban dan sekitarnya. “Sebelumnya, acara  serupa telah diadakan di Rembang dan Surabaya,” ungkapnya.

Generasi muda yang masih dalam proses pendidikan harus mendapatkan perhatian utama  dalam menghadapi persaingan era milenial ini. Media sosial memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat.

Berbeda dengan kegiatan sebelumnya, kali ini kegiatan pelatihan media sosial diadakan di  lokasi Pabrik Tuban. Kemudian para peserta diajak untuk melihat secara langsung proses produksi semen dan pengelolaan lahan pasc tambang yang dilakukan oleh PT Semen Indonesia untuk memberi pengetahuan mengenai industri persemenan.  “Semen Indonesia memiliki konsen untuk memberikan edukasi bagi pengguna media sosial khususnya generasi muda,” imbuhnya.

Dengan diskusi itu, diharapkan para pengguna Medsos lebih bijak dalam menggunakan sarana bersosial dengan menyebarkan informasi yang positif dan bermanfaat. Terlebih jika bisa memanfaatkannya, para pemuda dapat menjadi creativepreneur atau content creator dengan memanfaatkan Medsos.

Selain kegiatan sharing session dengan pakar Medsos, juga diadakan lomba foto on the spot di lahan pasca tambang batu kapur dan tanah liat PT Semen Indonesia.  Yang dikelola dengan menerapkan prinsip green industry. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

About the Author