Published On: Rab, Sep 21st, 2016

Upaya Koramil Plumpang Membumikan Gotong Royong

PLUMPANG

seputartuban.com – Koramil 0811/16 Plumpang melalui Bintara Pembina Desa (Babinsa) Ngrayung, Kecamatan Plumpang, Pelda Subakin Efendi menggerakkan masyarakat untuk menguatkan budaya bangsa. Yakni saling peduli melalui gotong royong, memindahkan salah satu rumah warga setempat.

BERSATU : Babinsa sedang bersama masyarakat gotong royong

BERSATU : Babinsa sedang bersama masyarakat gotong royong

Melalui gotong royong selain meringankan beban masyarakat, juga mampu mempererat dan memupuk rasa persatuan dan kesatuan antar masyarakat. Serta mampu meninggikan sikap saling menghargai dan toleransi. “Adanya kejasama antar manusia menjadi cikal bakal terbentuknya rasa persatuan dan kesatuan. Nantinya jika setiap pekerjaan yang berat dilakukan dengan cara gotong royong maka kerukunan hidup antar anggota masyarakat akan semakin terjalin kuat,” ungkap Danramil Plumpang, Kapten Inf Istoha, kemarin.

Mantan Danramil Tuban itu juga menambahkan pihaknya sebagai tanggungjawab kewilayahan berupaya berperan positif untuk menjaga keutuhan bangsa.”Kita sebagai aparat komando kewilayahan harus dapat membantu dan mempelopori kegiatan yang bermamfaat bagi masyarakat,” imbuhnya.

Pemindahan rumah itu bukan sekedar formalitas saja, namun lebih dari itu dengan gotong royong masyarakat sudah saling bekerjasama dan kompak.  “Kegiatan semacam ini perlu ditumbuh kembangkan dalam setiap langkah dan tindakan aparat komando kewilayahan bersama komponen masyarakat. Karena akan membangkitkan kembali budaya gotong royong di tengah-tengah masyarakat,” pungkasnya. MUHAIMIN

Facebook Comments

About the Author