Published On: Jum, Apr 21st, 2017

Upaya Komisi A Agar Rakyat Tidak Jadi “Penonton” Industrialisasi

seputartuban.com, TUBAN – Komisi A DPRD Tuban pasca disahkan aturan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), memiliki kewenangan baru. Yakni bidang perizinan dan ketenagakerjaan. Saat ini tengah melakukan koordinasi dengan pihak terkait, untuk melakukan sinergitas bidang baru tersebut.

Anggota Komisi A DPRD Tuban, Kristiawan

Jika sebelumnya melakukan dengar pendapat serikat pekerja di Tuban, Rabu (19/4/2017) giliran perusahaan perminyakan yang beroperasi di Kec. Singgahan dan Perusahaan Daerah Aneka Tambang (PDAT) diajak rapat kerja. Kedua perusahaan tersebut diminta untuk melakukan pemetaan tenaga kerja. Agar diketahui jumlah kebutuhan personil hingga keahliannya. Ketika data itu sudah ada, dikoordinasikan pemerintah untuk menginformasikan ke masyarakat atau menyiapkan keilmuannya melalui lembaga pendidikan ataupun pelatihan.
“Kalau setahun hanya 100 orang yang dilatih, terus sampai kapan selesainya. Kita meminta Pemkab untuk memliki basis data yang jelas. Berapa jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan, kemampuannya apa dalam beberapa tahun kedepan dari industrialisasi yang ada di Tuban,” ungkap, anggota Komisi A, Kristiawan.

Tujuannya, agar masyarakat sekitar industri tidak jadi “penonton” di negeri sendiri. Karena sudah disiapkan sesuai kebutuhan industri. Termasuk pengawasan penerapan Upah Minimum Kabupaten (UMK) dan UU Ketenagakerjaan. “Basis datanya jelas dan sinergitas. Kalau datanya sudah ada, bisa disiapkan melalui SMK atau pelatihan,” katanya.

Politisi yang juga seorang doktor lingkungan itu menambahkan dengan adanya investasi ratusan triliun rupiah untuk pembangunan kilang minyak di Kec. Jenu agar dipersiapkan dengan matang. Masyarakat disiapkan agar dapat menjadi tenaga kerja. Sehingga segala kebutuhan jumlah maupun kemampuan yang akan diperkerjakan sudah dlterdata. Penanganannya akan lebih tepat sasaran dan masyarakat tidak menjadi korban.

“Harapan kami mereka (Pemkab) punya data. Sebagai wujud keseriusan dalam melayani dan memberikan kesejahteraan masyarakat. Kita akan koordinasikan lagi berikutnya,” pungkasnya. Nal

Facebook Comments

About the Author