Published On: Kam, Nov 26th, 2015

Unirow Tuban Tarik Kelas Jauh Ke Kampus

TUBAN

EKS KELAS JAUH: Gedung SMA PGRI 3 di Jalan Manunggal Tuban yang  digunakan sebagai kampus II Unirow.

EKS KELAS JAUH: Gedung SMA PGRI 3 di Jalan Manunggal Tuban yang
digunakan sebagai kampus II Unirow.

seputartuban.com-Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban menyatakan telah menarik seluruh aktivitas perkuliahan kelas jauh ke kampus II di Jalan Manunggal.

Hal ini dilakukan sebagai upaya keluar dari sanksi pembekuan yang ditetapkan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemendikti), terhadap kampus yang dulu bernama IKIP PGRI Tuban tersebut.

“Semua kelas jauh sudah ditarik ke kampus. Tidak ada kelas jauh lagi. Kalau masih ada sudah bukan urusan kami,” tegas Rektor Unirow, Supiyana Dian Nurtjahyani, Kamis (26/11/2015) siang.

Menurut dia, pembubaran kelas jauh tersebut adalah salah satu syarat pembinaan yang ditetapkan koordinasi perguruan tinggi swasta (Kopertis) VII Jawa Timur, supaya kampus yang dipimpinnya itu tetap bisa aktif.

Suksesor Hadi Tuhur ini, menjelaskan sebelumnya program kelas jauh yang diberlakukan Unirow adalah pendidikan guru sekolah dasar (PGSD) dan pendidikan guru pendidikan anak usia dini (PG PAUD).

Sebelum menarik mahasiswa kelas jauh ke kampus, Dian sapaan akrabnya, mengatakan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan masing-masing koordinator mahasiswa.

Mereka yang masih bersedia melanjutkan kuliah diminta untuk meneken surat pernyataan agar mau ditarik ke kampus. Termasuk proses pembayaran juga harus dilakukan melalui bank sesuai dengan permintaan Kemendikti dan Kopertis.

“Kami sudah buat pakta integritas. Semua data kelas jauh yang ditarik ke kampus sudah kami serahkan ke Kemendikti maupun Kopertis,” tegas Dian.

Hanya saja, dia mengaku penarikan kelas jauh ke kampus membutuhkan proses panjang dan berliku.

“Ini bukan perkara mudah. Karena dalam melakukan pendataan ulang mahasiswa harus disesuaikan dengan data di forlap dikti,” tandasnya.

Dian menyebutkan, saat ini proses perkuliahan eks kelas jauh dilakukan di gedung milik SMA PGRI 3 Jalan Manunggal Tuban sebagai kampus II Unirow.

“Itu satu yayasan, yaitu sama-sama PGRI. Jadi gedung ini dipinjamkan ke Unirow,” katanya.  USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author