Published On: Sen, Mei 18th, 2015

Di Tuban UN SD Hari Pertama Berlangsung Tegang

TUBAN

TEGANG: Sejumlah siswa SDN Kebonsari 1 Tuban serius mengerjakan soal UN hari pertama, Senin (18/05/2015) pagi.

TEGANG: Sejumlah siswa SDN Kebonsari 1 Tuban serius mengerjakan soal UN hari pertama, Senin (18/05/2015) pagi.

seputartuban.com-Pelaksanaan ujian nasioal (UN) tingkat SD dan MI hari pertama yang digelar serentak di Kabupaten TUban, Senin (18/05/2015) pagi, berlangsung sedikit tegang.

Pantauan seputartuban.com di SDN Kebonsari 1 Tuban di Jalan Gajahmada, sejumlah siswa yang tengah mengerjakan soal UN pada hari pertama tak bisa menyembunyikan ketegangan.

Namun konidisi ini tak berlangsung lama karena memang para siswa tampaknya sudah benar-benar siap menyongsong UN.

Maklum, SDN Kebonsari termasuk sekolah yang terus melahirkan generasi berkulaitas dari waktu ke waktu di Tuban.

Selain itu, peran guru secara individu dan kolektif serta manajemen sekolah yang bagus juga menjadi kunci para siswa tak gamang menghadapi UN tahun ini.

Sementara Kepala Bidang TK/SD Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Tuban, Sutarno, menjamin pelaksaan UN kali ini akan berlangsung fair dan bersih. Hal ini dibuktikan, pada pelaksanaan hari pertama UN tidak ada isiden berarti seperti bocornya kunci jawaban di kalangan siswa, maupun kejadian force majure lain.

“Kita jami semuanya berlangsung lancar. Soal ketegangan hari pertama adalah sesuatu yang alami dan normal,” kata Sutarno saat dihubungi melalui ponselnya yang mengaku sedang melakukan pemantaun UN di salah satu SDN kawasan perkotaan.

Dia menjelaskan, UN kali ini melibatkan 17.359 siswa. Rinciannya 13 ribu siswa SDN yang tersebar pada 558 tempat pendidikan dan sekolah dasar swasta (SDS) berjumlah 424 siswa di 11 tempat pendidikan.

Sedangkan siswa MIN berjumlah 72 siswa pada dua sekolah serta 3.862 siswa madrasah ibtidaiyah swasta (MIS) di 4.169 tempat pendidikan.

Menurut Sutarno, untuk pelaksanaan UN tahun ini tidak lagi menggunakan hasil ujian sebagai penentu kelulusan. Namun hasil UN ini akan ditambahkan dengan nilai semester dari kelas 4, 5 dan 6. Dengan hitungan prosentase untuk nilai semester 40 persen dan nilai UN 60 persen. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author