Published On: Kam, Agu 20th, 2015

UMKM Kunci Ekonomi Masyarakat Menjadi Kuat

RENGEL

KATA KUNCI: Wakil Bupati Noor Nahar Husein saat berdialog dengan sejumlah pelaku ekonomi perempuan  dalam Pekan Cipta Karya 2015 di Lapangan Bahagia Kecamatan Rengel, Rabu (19/08/2015) sore.

KATA KUNCI: Wakil Bupati Noor Nahar Husein saat berdialog dengan sejumlah pelaku ekonomi perempuan dalam Pekan Cipta Karya 2015 di Lapangan Bahagia Kecamatan Rengel, Rabu (19/08/2015) sore.

seputartuban.com-Pertumbuhan ekonomi dapat berkembang dengan cara menumbuhkan gairah ekonomi itu sendiri di masyarakat. Gairah itu dapat dirangsang dengan meningkatkan warga untuk melakukan usaha dan mengembangkan industri rumah tangga.

“Sektor usaha mikro kecil menengah menjadi kunci untuk membuat ekonomi masyarakat kuat,” tegas Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein saat membuka pameran UMKM, pertanian, seni dan iptek dalam Pekan Cipta Karya 2015 di Lapangan Bahagia Kecamatan Rengel, Rabu (19/08/2015) sore.

Dia berpendapat, pengembangan usaha mikro kecil menengah (UKM) dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga. Hal ini seiring pertumbuhan ekonomi yang paling besar di sektor UKM.

Untuk mewujudkan hal itu, ke depan pemerintah daerah akan memberikan stimulus dan fasilitasi ekonomi berbasis komunitas.

”Seperti mempermudah akses perizinan, peralatan produksi, permodalan dan pemasaran. Sehingga diharapkan usaha rakyat ini makin berdaya saing,” jelas pasangan Fathul Huda yang akan runing pilkada 9 Desember ini.

Dengan begitu, menurut Noor Nahar, pertumbuhan ekonomi sektor riil di masyarakat dapat terwujud.

“Kualitas produk-produk lokal seperti batik dan kerajian industri lain rumah tangga kita tidak kalah dengan luar. Jadi masyarakat tidak perlu minder untuk bersaing,” tandas wakil bupati kelahiran Desa Rengel ini.

foto-foto: M AUFAL MAROM DJAUHARI for seputartuban.com

foto-foto: M AUFAL MAROM DJAUHARI for seputartuban.com

Menurut dia, penguatan ekonomi dapat terwujud jika dengan dukungan pembangunan infrastruktur yang memadai. Pembangunan yang memadai dapat terwujud dengan cara melibatkan partisipasi masyarakat.

“Fungsi pemerintah mengakomodasi kebutuhan rakyat dan merealisasikannya,” kata Noor Nahar dalam acara yang memajang 60 stan yang memajang produk pertanian, hasil UMKM dan kuliner khas desa tersebut.

Acara yang akan berlangsung selama tiga hari ini diikuti dinas instansi, sekolah, karang taruna dan komunitas serta pelaku UMKM dari Kecamatan Rengel, Grabakan, Plumpang serta Kecamatan Soko. Selain itu juga ada acara hiburan anak band dan musik Islami yang digagas utuk memeriahkan HUT RI ke–70 .

Sebelumnya, dalam berbagai kesempatan Bupati Tuban Fathul Huda melarang pendirian pasar swalayan baru di Bumi Wali. Pertimbangannya untuk mengamankan UKM termasuk berbagai produk industri lokal. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author