Published On: Sen, Sep 28th, 2015

Ujung Kemarau BPBD Tuban Prepare Hujan

TUBAN

SIAGA: Sejumlah pegiat Tagana menerima materi tanggap bencana dari BPPD yang digelar di Gedung Kopri Tuban, Senin (29/09/2015) siang.

SIAGA: Sejumlah pegiat Tagana menerima materi tanggap bencana dari BPPD yang digelar di Gedung Kopri Tuban, Senin (29/09/2015) siang.

seputartuban.com-Jelang masuk musim penghujan yang diperkirakan akan terjadi medio Oktober mendatang, badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Kabupaten Tuban menggelar serangkaian prepare atau persiapan.

Salah satunya dengan menggelar pelatihan penanggulan bencana yang sering menyertai kian meningkatnya instensitas hujan. Berkaitan itu sejumlah relawan penanggulangan bencana dari berbagai kecamatan di Tuban digembleng pelatihan.

Kepala BPBD Tuban, Joko Ludiono, mengatakan hal tersebut dilakukan sebagai upaya dini sebelum musin hujan tiba.

“Kegiatan ini untuk menambah wawasan dan pengetahuan kepda seluruh taruna siaga bencana (Tagana), sehingga apa yang dilaporkan bukan sekedar ilmu karang-karangan saja,” ungkap Joko di sela pelatihan yang digelar di Gedung Korpri Tuban, Senin (29/09/2015) siang.

Dia menyatakan, usai pelatihan ini seluruh anggota Tagana siap diterjunkan ke lapangan untuk melakukan pendataan. Sekaligus mengkalkulasi jumlah kerusakan yang diakibatkan bencana.

“Termasuk menyajikan atau menyimpulkan keakuratan data sesuai dengan kerusakan yang terjadi pasca bencana,” tandas dia. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author