Published On: Jum, Apr 20th, 2012

Uji Coba Dulu, E-KTP Baru Dilaunching Disdukcapil

Share This
Tags

Penulis : Hanafi

TUBAN

Wakil Bupati Tuban mencoba mesin E-KTP saat launching

seputartuban.com – Meski uji coba pelaksaan E-KTP dimulai sejak senin lalu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) tetap menggelar acara Launching pembuatan E-KTP yang di  kantor  Kecamatan Tuban, Kamis (18/04/2012).

Acara dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tuban, Mustarikhah. Dan Wakil Bupati  Tuban secara simbolis surat pembuatan E-KTP dari dinas sebagai bentuk pengawasan.

Dalam acara ini terungkap, bahwa jumlah total wajib E-KTP warga di Kabupaten Tuban sebanyak 958.921 orang. Dengan waktu penjadwalan berbeda antara kecamatan dengan kecamatan lainya.

6 bulan dijadwakan harus selesai untuk Kec. Merakurak, Kec. Jenu, Kec. Palang, Kec. Rengel, Kec. dan Kec. Bancar. Sedangkan target penyelesaian waktu lebih enam bulan lantaran jumlah penduduknya banyak adalah Kec. Semanding.

Untuk pembuatan E-KTP tahap pertama yaitu pada (16/04/2012), Kecamatan seluruh Kabupaten Tuban sudah mampu membuata E-KTP sebanyak 1.369. Untuk hari kedua (17/04/2012) sebanyak 3.119 E-KTP yang sudah jadi.

Sedangkan untuk hari ketiga (18/04/2012) bisa menyelesaikan  E-KTP sebanyak 4.059, sehingga total keseluruhan wajib E-KTP yang sudah membuat E-KTP adalah sebanyak 8.127.

Kendala selama ini yang timbul adalah perbedaaan data base, mulai dari nama lengkap hingga status perkawinan. Selain itu keterbatasan daya listrik kantor kecamatan dan kesadaran masyarakat juga menjadi kendala penting dalam pelaksanaan KTP elektronik ini.

“sampai saat ini kendala yang timbul dalam pembuatan E-KTP sudah kami tangani dan masih dalam tahap normal, karena masih bisa kami tanggulangani.” jelas Kepala Dinas Dukcapil.

Facebook Comments

About the Author